Mobil Motif Batik Piyu Padi.jpg

Keren, Inilah Koleksi Mobil Artis Bermotif Batik

Rabu, 2 Oktober 2019 15:00 | Galih Pratama

OTOFIGURE - Umumnya, corak batik diaplikasikan pada kain sehingga menjadi pakaian yang ikonik. Namun, tak jarang corak batik juga bisa diaplikasikan di berbagai media. Di bodi mobil, misalnya. Ternyata, sebagian artis di Tanah Air ada yang mengaplikasikan motif batik pada mobil kesayangannya. Siapa saja mereka?

Pertama, ada Piyu ‘Padi’, beberapa tahun lalu dia berhasil memenangkan lelang mobil bercorak batik pertama di dunia. Mobil mewah Mercedes-Benz C250 CGI milik Piyu ini cukup istimewa, karena motif batik pada bodi mobil ini dilukis sendiri oleh Carmanita, seniman muda Indonesia.

Mobil Piyu Padi.jpg

Cat mobil yang semula berkelir putih, berhasil disulap Carmanita menjadi tampilan yang sangat ikonik dengan motif batik yang menawan. Proses pengerjaannya pun cukup panjang. Membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk merampungkan desain mobil unik ini.

[Baca Juga: Sederhana, Ini Dua Koleksi Mobil Menteri Basuki Hadimuljono]

Sebelum dilukis motif batik, terlebih dahulu cat asli mobil dirontokkan secara menyeluruh. Setelah permukaan cat dibersihkan, barulah bodi mobil tersebut dilukis dengan motif batik menggunakan teknik airbush.

Hasilnya pun cukup istimewa. Tak heran bila mobil Mercedes-Benz C250 CGI yang dicat dengan motif batik ini berhasil terjual seharga Rp1 miliar.

Mobil VJ Daniel.jpg

Selanjutnya, kalangan artis yang memiliki koleksi mobil bercorak batik adalah Daniel Mananta atau biasa dikenal dengan VJ Daniel. Demi menujukkan semangat nasionalismenya terhadap bangsa Indonesia, dia membatik mobil Toyota Alphard kesayangannya.

Sejumlah motif batik terlihat jelas di bagian eksterior mobil berkelir putih tersebut. Motif batiknya juga berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Misalnya ada desain motif batik ‘Parang Rusak’ atau biasa dipakai di Kraton. Lalu, ada juga unsur batik dari Cirebon dan Kalimantan.

[Baca Juga: Ini Tiga Artis Indonesia yang Punya Koleksi Mobil Porsche]

Mobil Motif Batik VJ Daniel.jpg

Perpaduan mobil modern dan corak batik pada mobil VJ Daniel ini seolah memberikan kesan tersendiri terhadap mobil tersebut. Meski bercorak batik, mobil tersebut tetap tampil gaya dan trendi.

Itulah dua artis di Tanah Air yang sangat mencintai batik sebagai warisan budaya Indonesia. Mereka bangga dan rela mengaplikasikan motif batik pada mobil kesayangannya.

Artikel Lainnya

/media/images/Koleksi-Mobil-Bamsoet.original.jpg

Tajir, Koleksi Mobil Bamsoet Harganya Bikin Melongo

/media/images/Mobil-Mercy-BJ-Habibie.original.jpg

Mengenang BJ Habibie dan Koleksi Mobil Antiknya

/media/images/Ananda-Omesh.original.jpg

Mengintip Mobil ‘Imut’ Ananda Omesh