gr-yaris-6.jpg

Kepribadian Ganda Toyota GR Yaris

Minggu, 12 Januari 2020 17:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Penampilan perdana Toyota GR Yaris membuktikan hasil kerja keras Toyota dalam menciptakan mobil berperforma tinggi yang berdasarkan pengalamannya di dunia motorsport, khususnya seri kejuaraan reli dunia (World Rally Championship atau WRC). Kerasnya kompetisi di ajang motorsport, menempa semangat Toyota dalam mengembangkan GR Yaris yang mengambil basis dari sebuah mobil hatchback normal.

Tampilan depan Toyota GR Yaris begitu agresif.

Toyota GR Yaris didukung dengan mesin 3 silinder berkapasitas 1,6 liter dan dilengkapi turbocharger. Meski terkesan mungil, tapi Toyota menerapkan teknologi mutakhir untuk mendapatkan performa maksimal. Mulai dari sistem lubrikasi multi-jet untuk pendinginan piston, diameter katup gas buang yang berukuran besar, hingga saluran udara masuk yang telah dihaluskan. Tenaga maksimumnya ialah 268 hp dan torsi puncak mencapai 370 Nm.

GR Yaris mengadopsi bodi Toyota Yaris 3 pintu yang disempurnakan.

Kepiawaian dari Toyota Gazoo Racing (TGR) dan Tommi Mäkinen Racing turut berperan penting dalam pengembangan GR Yaris. Selain menjadi model homologasi bagi pengembangan mobil reli Yaris WRC selanjutnya, GR Yaris ini juga dihadirkan untuk mengakomodir para pereli privateer yang ingin berkompetisi dalam event reli lokal.

Toyota GR Yaris dapat mengakomodir para pecinta reli di mana saja.

Setiap aspek dari GR Yaris berorientasi pada performa berkendara, mulai dari platform kerangka, suspensi, hingga rancangan mesin yang baru, desain bodi yang aerodinamis, dan tentunya sistem penggerak roda all-wheel drive GR-FOUR. Output mesin yang besar dengan bodi yang berbobot ringan, membuat GR Yaris berpotensi besar untuk unggul di ajang reli sekaligus menyuguhkan rasa berkendara yang mengagumkan di jalan raya.

[Baca Juga: Toyota Yaris Generasi Baru Rilis di Jepang pada Februari 2020]

Toyota GR Yaris menggunakan bodi dari Yaris versi 3 pintu yang telah dioptimalkan dengan mereduksi ketinggian bodi dan melebarkan bodi, menggunakan velg berukuran 18 inci, lubang udara bagian depan yang besar, sistem pengereman canggih dengan kaliper berwarna merah, hingga penggunaan sepasang ujung knalpot.

Transmisi manual mampu memberikan akselerasi yang tajam.

“Jika GR Supra menjadi mobil sport yang dikembangkan di trek balap, maka GR Yaris merupakan buah pengembangan dari lintasan reli. Sehingga GR Yaris menjadi produk yang telah lama dinantikan oleh banyak penggemar produk Toyota,” bangga Shigeki Tomoyama, selaku GAZOO Racing President.

Kabin Toyota GR Yaris sarat nuansa sporty.

Toyota GR Yaris resmi diluncurkan pada event Tokyo Auto Salon 2020 dan menjadi produk mobil sport kedua dari TGR yang diperkenalkan secara global oleh TGR setelah kehadiran Toyota GR Supra di tahun 2019 silam.