Busi.jpg

Kenali Tanda-tanda Busi Mobil Harus Diganti

Jumat, 29 Maret 2019 10:00 | Galih Pratama

Setiap mesin mobil maupun motor pastinya dibekali dengan komponen bernama busi. Bentuknya memang kecil, tapi pengaruhnya sangat vital terhadap proses pembakaran dan performa mesin. Ketika busi rusak, dipastikan kendaraan tidak akan mampu menyemburkan tenaga yang maksimal.

Agar performa mesin tetap terjaga, biasanya busi mobil diganti ketika sudah mencapai antara 60 sampai 80 ribu kilometer. Selain merujuk pada jarak, pergantian busi juga bisa dideteksi dengan melihat kondisi kendaraan.

Seperti dikutip dari daihatsu.co.id, Jumat (29/3/2019), ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kerusakan atau masalah pada busi mobil. Mau tahu apa saja tanda-tanda kerusakan busi pada mobil? Simak ulasannya di bawah ini.

[Baca Juga: U-Groove]

1 Kondisi Tidak Wajar Saat Mesin Idle

Masalah busi bisa dideteksi pada mesin mobil dalam kondisi idle (sedang diam). Ketika mesin mobil dihidupkan, putaran mesin akan terdengar kasar atau tidak halus.

Bahkan, ketika pemilik mobil berada di dalam kabin, akan merasakan atau terasa getaran mesin mobil.

Selain itu, ketika Anda mencoba menarik tuas gas mobil, diyakini akan terasa berat. Itulah yang menjadi pertanda awal busi mobil kesayangan Anda perlu diganti.

2 Kurang Responsif

Tanda-tanda selanjutnya adalah tarikan mobil Anda kurang responsif. Busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi pada mobil menjadi tak maksimal. Jika sudah begitu, jangan paksakan mobil untuk melaju dalam kecepatan tinggi. Ini bisa berakibat mobil bisa mengalami mogok ketika melakukan perjalanan.

3 Warna Busi Mulai Gelap

Dilansir dari detik.com, tanda-tanda busi bermasalah juga bisa dilihat dari wujudnya. Jika menemukan kondisi busi yang mulai berwarna gelap, itu artinya busi mobil Anda mulai mengalami masalah.

Warna gelap tersebut umumnya diakibatkan dari pembakaran yang kurang sempurna yang menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektroda dan ujung insulator busi. Hal ini juga mengakibatkan asap mobil berwarna hitam, dan mesin mobil terkadang susah untuk menyalakan, khususnya dalam kondisi dingin.

[Baca Juga: Cara Cepat Turunkan Suhu Panas dalam Kabin]

Demikian tanda-tanda adanya masalah pada busi mesin mobil. Jika Anda merasakan tanda-tanda di atas, ada baiknya segera pergi ke bengkel atau mengganti busi mobil. Meski bentuknya kecil, jangan anggap remeh fungsi dari komponen ini.