Kompresor-AC-Mengeluarkan-Bunyi-Kasar.jpg

Kenali Gejala Awal AC Mobil Bermasalah

Kamis, 15 November 2018 13:00 | Galih Pratama

Saat berkendara dalam keadaan cuaca panas, tentu hal pertama yang Anda lakukan adalah menyalakan AC mobil. Bisa dibilang, AC jadi fitur yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan saat berkendara. Kondisi AC pun sejatinya harus mendapatkan perhatian dan perawatan dari pemilik mobil.

Jika tak terawat, biasanya suhu AC mobil Anda tak stabil dan cenderung tak dingin. Ada indikasi-indikasi yang Anda bisa kenali jika AC mobil Anda bermasalah. Umumnya, saat sedang berkendara, tiba-tiba ada suara bunyi tak wajar pada bagian mesin dan diiringi dengan penurunan suhu dingin di mobil. Berikut adalah beberapa indikasi awal kerusakan kompresor AC mobil.

Kompresor AC Mengeluarkan Bunyi Kasar

Dilansir dari cnnindonesia.com pada Senin (14/11/2018), pada saat AC mobil dalam posisi on (posisi 1,2 atau 3) terdengar suara aneh dari mesin. Namun ketika dimatikan atau posisi off, suara dari mesin tersebut hilang atau kembali normal. Munculnya suara bisa disebabkan oleh oli kompresor kurang, piston aus, thrust bearing hingga AS yang tak persisi.

Tekanan Kompresor Berkurang

Tekanan-Kompresor-Berkurang.jpg

AC tak dingin dalam mobil juga bisa ditandai dengan tekanan pada kompresor berkurang. Dilansir dari daihatsu.co.id, kondisi ini ditandai dengan hembusan udara dari AC mobil yang terasa kurang dingin. Terutama saat mesin mobil dijalankan dalam kecepatan rendah. Sebaliknya, ketika dalam kodisi mobil dalam kecepatan tinggi, hembusan udara AC akan mulai terasa dingin.

Masalah Kopling Magnet

Permasalahan kopling magnet bisa ditandai dengan suhu AC yang mendadak menjadi tak dingin sama sekali. Namun setelah dimatikan sesaat dan dihidupkan kembali, AC akan berfungsi normal dan suhu menjadi dingin.

Kompresor AC Bocor

Kompresor-AC-Bocor.jpg

AC akan mengalami penurunan dingin secara bertahap tergantung dari tingkat kebocoran kompresor AC. Rata-rata kebocoran pada kompresor AC mobil berlangsung sekira satu sampai tiga bulan hingga freon habis total. Jika kondisi sudah terjadi, Anda sebaiknya segera memperbaikinya. Pasalnya, suhu yang dikeluarkan AC dalam kondisi gas freon AC mobil bocor punya dampak negatif terhadap kesehatan Anda.

[Baca Juga: Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dingin]

Jika Anda merasakan hal tersebut ketika berkendara, besar kemungkinan AC mobil dalam kondisi bermasalah. Untuk itu, ada baiknya Anda segera perbaiki AC mobil. Apabila ditunda-tunda atau dibiarkan berlarut, akan berpengaruh pada komponen lainnya. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar.