Fuel Pump.jpg

Kenali Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Bermasalah

Kamis, 23 Januari 2020 16:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Salah satu komponen yang memiliki peran krusial dalam mobil adalah fuel pump. Komponen ini bertugas memompa bahan bakar dari tangki menuju ke dalam mesin. Apabila fuel pump bermasalah, tentunya berimbas terhadap performa mobil, bahkan mengakibatkan mogok.

Masalah yang kerap terjadi pada fuel pump adalah penyumbatan yang diakibatkan endapan kotoran dari tangki bahan bakar. Kemungkinan besar, kotoran tersebut dibawa oleh bahan bakar yang masuk ketika mengisi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau ada area tangki yang berkarat.

Adanya penyumbatan dari kotoran tersebut, membuat aliran bahan bakar terhambat. Selain itu, tekanan dan debit bahan bakar tidak sesuai kebutuhan proses pembakaran di dalam mesin. Kalau sudah begitu, penyumbatan akan berimbas pada kinerja fuel pump.

[Baca Juga: Ternyata Isi Bensin Full Tank Tak Disarankan, Ini Penjelasannya]

Lalu, bagaimana cara untuk mengenali ciri-ciri fuel pump mulai bermasalah? Gejala fuel pump yang bermasalah bisa diketahui pemilik mobil. Gejalanya biasanya ditandai ketika saat start mesin, harus dilakukan beberapa kali agar bisa hidup.

Kemudian, mesin terasa tersendat atau terasa 'kosong' (tidak mau berakselerasi) meski pedal gas sudah diinjak. Apabila akselerasi terhambat, akibatnya bisa fatal, terutama saat kita sedang ingin mendahului kendaraan lain atau sedang dalam posisi jalan menanjak.

Bahkan, yang lebih fatal lagi, mesin bisa mati mendadak. Kondisi mesin bisa saja mati tanpa ada peringatan terlebih dahulu. Mesin mobil mati total akibat fuel pump bermasalah, umumnya akan tak bisa dihidupkan kembali.

Solusi

Salah satu cara untuk menghindari fuel pump tersumbat, Anda jangan sesekali membiarkan tangki bahan bakar kosong dalam waktu yang cukup lama. Ada baiknya isi bahan bakar kembali ketika indikator bahan bakar berada di posisi seperempat penuh.

[Baca Juga: Hindari Kondisi Bensin Mobil Hampir Habis!]

Sementara jika Anda memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk menguras tangki bahan bakar sehingga kotoran di dalam tangki bisa dikeluarkan. Kalau sudah tak bisa ditangani sendiri, pergi ke bengkel untuk memastikan kondisi fuel pump yang sudah lemah dengan tes tekanan bahan bakar menggunakan pressure gauge.

Artikel Lainnya

/media/images/Kampas-Rem.original.jpg

Penyebab dan Solusi Atasi Rem Mobil Bunyi

/media/images/Sliding-Door-Alphard.original.jpg

Tips Merawat Pintu Geser Mobil Agar Tetap Awet

/media/images/Setir-Mobil.original.jpg

Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini

/media/images/Air-Coolant.original.jpg

Penting, Pemilik Mobil Wajib Cek Rutin Cairan Ini