MINI Listrik.jpg

Kapan Mobil Listrik MINI-E Hadir di Indonesia?

Kamis, 20 Februari 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - BMW Group Indonesia berencana memboyong mobil listik MINI-E ke pasar otomotif Tanah Air. Namun bukan tahun ini, mobil listrik tersebut dikabarkan baru akan hadir setelah 2021. Apa alasannya?

Dijelaskan Jodie Otania Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadirkan mobil MINI listrik ke Indonesia. Mulai dari edukasi, hingga infrastruktur mobilitas mobil listrik tersebut harus terpenuhi.

"Ada kemungkinan setelah 2021 akan menghadirkan MINI-E. Sama seperti dulu kita perkenalkan mobil BMW listrik. Kita mau memastikan bahwa awareness-nya sudah ada, edukasinya juga sudah ada. Lalu, infrastruktur, diler, dan staf pendukungnya apabila ada sesuatu pada mesin sudah ada orang yang bisa menanganinya," ujar Jodie beberapa waktu lalu di Jakarta.

[Baca Juga: Lebih Dekat dengan Dua MINI Bertenaga Hingga 306 HP]

Saat ini, lanjut Jodie, pihaknya ingin concern mengenai edukasi mobil listrik kepada masyarakat Indonesia. Mereka setidaknya harus mengetahui manfaat memiliki kendaraan listrik. Selain itu, kata Jodie, tahun ini pihaknya akan lebih memilih mengenalkan mobil listrik BMW ketimbang MINI.

“Tahun ini BMW dulu. Kita akan keluarkan mobil listrik mendekati ajang Formula E, kebetulan kita adalah official partner ajang tersebut. Kita akan perbesar dan tanggapan market-nya, setelah itu kita hadirkan MINI-E," ujarnya.

Ketika disinggung rencana penjadwalan kehadiran mobil listrik MINI berkaitan dengan regulasi kendaraan listrik, Jodie mengatakan pihaknya justru lebih cenderung melihatnya dari kebutuhan pasar.

"Kami tidak menunggu aturan. Kami menghadirkan kendaraan listrik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Planning-nya sedang kita lihat, karena menghadirkan mobil listrik tidak semudah itu. Kita butuh infrastruktur, pelatihan terkait baterai high voltage dan lainnya. Kita tidak mau menghadirkan mobil listrik tanpa memikirkan infrastruktur," tegas Jodie.

MINI berteknologi listrik dipastikan akan hadir pada Maret 2020, khususnya di pasar otomotif Amerika Serikat. Mobil listrik ini menggendong motor listrik yang mampu menghasilkan 181 dk dan torsi 270 Nm. Dengan mesin tersebut, akselerasi MINI listrik dari 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 6,9 detik dan kecepatan tertinggi 150 km/jam.

[Baca Juga: BMW Impor Baterai Mobil Listrik Capai Rp156 Triliun dari China]

Untuk baterainya sendiri, MINI elektrik ini menggunakan baterai berukuran 32,5 kWh, yang bisa diisi penuh dalam waktu 4 jam di rumah. Baterai tersebut mampu memberikan daya dorong mobil hingga menempuh jarak 270 km.