e-Warranty 3M.jpg

Kaca Film 3M Berikan Garansi 5 Tahun, Apa Saja Keuntungannya

Jumat, 23 Agustus 2019 10:00 | Galih Pratama

Harus diakui, kaca film menjadi salah satu komponen yang cukup mahal. Untuk itu, memilih kaca film tak bisa dilakukan sembarangan. Terutama soal keaslian produk kaca film dan layanan after sales. Menjawab kekhawatiran tersebut, 3M Indonesia selaku distributor resmi kaca film mobil 3M AutoFilm memberikan garansi berbasis online bernama e-Warranty.

Dijelaskan Razi Raziansyah, Business Manager Commercial Solution Division PT 3M Indonesia, e-Warranty merupakan garansi 3M AutoFilm berbasis online yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu. Sistem garansi selama 5 tahun ini menggantikan kartu garansi sebelumnya.

“Dulu kan garansinya pakai kertas dan baru dapat kartu yang didapat baru dua atau tiga hari. Tapi, sekarang langsung dapat kartu yang ada kode khusus yang diberikan dealer resmi 3M AutoFilm,” jelasnnya di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2019).

Menurut Razi, garansi ini menjadi penting mengingat harga kaca film yang harus ditebus pemilik mobil cukup besar. Sebagai komponen yang mahal, tentunya soal keaslian dan layanan after sales sangat dibutuhkan. “Nah, e-Warranty ini menjamin keaslian produk 3M. Kalau ada masalah dengan kaca film, pelanggan juga akan ditangani dengan principal langsung,” jelas Razi.

[Baca Juga: Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil]

Layanan garansi ini hanya bisa didapat pelanggan yang membeli kaca film 3M di dealer resmi. Keberadaan dealer 3M pun kini mudah dijumpai hingga ke pelosok Tanah Air. Ada sekitar 140-150 dealer resmi yang sudah beroperasi. “Bahkan, tahun ini kami targetkan punya 190 dealer,” ungkapnya.

3M.jpg

Cara Klaim

Lalu, bagaimana dengan proses klaimnya? Pertama, kode khusus atau ID number yang terdapat di kartu e-Warranty di-input dalam web resmi 3M www.id-3mautofilm.com. “Gosok kode khusus yang ada di belakang kartu, lalu kode tersebut dimasukkan ke web kami,” ujar Razi.

Untuk proses klaim, lanjutnya, bisa dilakukan semua dealer kaca film 3M di Indonesia. Hanya saja, pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan konfirmasi terkait dealer yang akan dituju. “Misalnya beli 3M di BSD, bisa klaim di dealer di daerah lain. Tapi, sebaiknya telepon dulu ke kita. Bahkan, kita juga melayani proses klaim di rumah pelanggan,” jelasnya.

Kaca film yang bisa diklaim apabila kerusakan tidak disebabkan kelalaian yang disengaja atau tidak oleh konsumen. Misalnya kaca film mulai bubbling, crack (pecah-pecah), muncul titik-titik di permukaan. Kerusakan tersebut bisa diklaim dengan e-Warranty. “Tapi kalau mobil udah dijual, garansi itu tak lagi berlaku karena mengacu pada nama pembeli awal,” katanya.

[Baca Juga: Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil]

Ada beberapa jenis kaca film yang ditawarkan 3M. Dua di antaranya yang paling diminati adalah Crystalline dan Black Beauty. “Kedua jenis kaca film tersebut memiliki 51 teknologi dasar di dalamnya, utamanya memang adesif dan abrasif. Untuk kaca film, kita memang selalu melakukan pegembangan teknologi. Sekira 6 persen dari revenue kita memang khusus untuk pengembangan teknologi,” kata Audist Subekti, PhD, Director of Transportation and Electronics Business Group PT 3M Indonesia.

Mengenai harga, untuk tipe kaca film 3M Black Beauty (Gelap) berteknologi nano carbon dibanderol mulai dari Rp1,5 – Rp2 juta. Kemudian, tipe Crystalline berteknologi nano layer, dijual mulai Rp5- Rp7 juta. Pelanggan juga bisa mendapatkan paket kombinasi kedua jenis kaca film tersebut, biayanya mulai dari Rp2,2 juta – Rp2,6 juta.

Artikel Lainnya

/media/images/Daihatsu-Sigra_0hM2Xcd.original.jpg

Pilihan Mobil Baru 7 Penumpang di Bawah Rp150 Juta

/media/images/Car-Seat-1.original.jpg

Posisi Duduk Anak di Mobil Ditentukan Usianya