Jenis-jenis Goresan Pada Mobil dan Cara Memperbaikinya.jpg

Jenis-jenis Goresan Pada Mobil dan Cara Memperbaikinya

Rabu, 30 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Sebagian besar pemilik mobil pasti pernah menemukan goresan pada bodi kendaraannya. Goresan pada mobil ini dapat terjadi karena banyak hal, mulai dari kecelakaan ringan, menyerempet suatu benda, hingga ulah tangan jahil manusia. Adanya goresan ini tentu dapat membuat tampilan mobil jadi tidak bagus lagi.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa saja membawanya ke bengkel untuk memperbaiki lapisan yang terkena goresan, namun Anda pasti akan mengeluarkan biaya lebih untuk bengkel. Maka itu, jika memang memungkinkan, Anda bisa perbaiki goresan itu sendiri di rumah. Tapi sebelum melakukannya, baiknya pahami dulu jenis-jenis goresan pada mobil agar Anda tahu cara yang tepat untuk memperbaikinya. Adapun macam-macam goresan itu antara lain:

Jenis-jenis Goresan Pada Mobil dan Cara Memperbaikinya.jpg

  • Baret Ringan:

Pada jenis ini, baret tidak terlalu merusak cat mobil, sebab goresannya cukup kecil dan hampir tidak terlihat. Goresan ini dapat terjadi akibat tidak sengaja terkena benda tajam seperti kuku.

  • Baret Sedang:

Goresan pada jenis ini dapat terlihat jelas, walaupun tidak terlalu merusak susunan cat pada mobil. Tapi, tetap saja, baret ini akan membuat tampilan mobil Anda terlihat buruk. Goresan ini terjadi akibat terkenan ranting atau pohon.

  • Baret Dalam:

Goresan pada kateegori baret dalam sudah dibilang parah. Baret pada jenis ini dapat merusak susunan cat pada bodi mobil yang dapat dilihat secara jelas. Jenis baret ini biasanya terjadi karena kecelakaan berat atau menyerempet kendaraan lainnya, sehingga membuat lapisan dasar mobil menjadi rusak, termasuk logam yang ada pada bagian bodi mobil.

Tanpa harus membawanya ke bengkel. Simak uraian otopedia.com terkait cara mudah hilangkan baret pada mobil berikut:

  1. Gunakan Kompon

Cara paling efektif hilangkan baret mobil adalah dengan menggunakan kompon. Kandungan zat abrasif pada kompon dapat menghaluskan baret, sehingga membuat bodi pada mobil terlihat lebih halus. Anda hanya perlu menyiapkan kain lembut, sandpaper dan kompon poles.

Gunakan komponjpg

Terkait cara penggunaannya, bersihkan terlebih dahulu permukaan yang terkena goresan, lalu oleskan dengan kompon pada area tersebut. Kemudian, ambil sandpaper dan basahi dengan air lalu gosok secara satu arah. Ulangi hal tersebut sampai goresan terlihat pudar.

2. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi sebagai penghilang baret mobiljpg

Jika baret pada bodi mobil Anda tidak terlalu dalam. Anda dapat menggunakan pasta gigi. Pasta gigi merupakan cara paling umum untuk memperbaiki mobil yang terkena goresan. Anda cukup menyediakan lap kanebo dan pasta gigi. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa mobil Anda sudah bersih, kemudian basahkan lap kanebo tersebut lalu olesi pasta gigi secukupnya. Selanjutnya, gosok secara melingkar ke bagian mobil yang terkena hingga dirasa cukup kemudian siram dengan air bersih.

3. Gunakan Minyak Rem

Gunakan minyak rem sebagai penghilang goresanjpg

Tanpa disadari, menggunakan minyak rem juga dapat menghilangkan goresan pada mobil Anda. Caranya cukup mudah, tapi Anda harus berhati hati. Jangan sampai bodi mobil yang masih bagus terkena minyak rem, karena dapat membuat bodi tersebut semakin rusak. Anda hanya perlu tuangkan minyak rem pada bodi mobil yang terkena goresan. Selanjutnya, langsung basuh dengan air karena kandungan pada minyak rem cukup keras. Kemudian keringkan secara perlahan dengan kanebo. Lakukan cara ini secara berulang untuk hasil yang maksimal.

4. Gunakan Obat Nyamuk

Ternyata zat pada obat nyamuk cukup ampuh untuk hilangkan baret pada mobil. Bahkan bisa dibilang sebagai metode paling ampuh dan murah.

Obat nyamuk sebagai penghilang goresanjpg

Caranya, siapkan terlebih dahulu obat nyamuk botol atau saset. Tuangkan obat nyamuk tersebut kepada kanebo yang kering tanpa campuran apapun. Setelah itu, oleskan pada bagian yang terkena goresan secara melingkar dan rata. Diamkan selama 15 hingga 20 detik, kemudian siram dengan air bersih dan keringkan kembali dengan kain lembut.