Japan Domestic Market.jpg

Japan Domestic Market

Minggu, 27 Januari 2019 10:00 | Galih Pratama

Japan Domestic Market atau JDM adalah pasar lokal Jepang yang memproduksi dan memasarkan kendaraan hanya di dalam negeri (Jepang). Namun, seiring dengan perkembangan zaman, JDM kini lebih dikenal pencinta otomotif sebagai aliran modifikasi yang menggunakan komponen-komponen asli dari Jepang.

Jenis modifikasi JDM sangat identik dengan tampilan sporty dan racing. Ciri khas lain dari modifikasi ini adalah warna cat putih polos, bodykit aftermatket, dan velg 18 inci. Umumnya, modifikasi JDM menggunakan satu brand yang biasa disebut juga dengan single tunner.

Contoh modifikasi JDM dengan single tunner adalah mobil besutan Honda yang hanya mengaplikasikan komponen modifikasinya dengan brand Mugen. Ada juga mobil merek Toyota yang menggunakan komponen Toyota Racing Development (TRD). Sementara mobil Nissan, komponen modifikasi JDM-nya lebih mengutamakan brand dari Nissan Motorsport International Limite (Nismo).

[Baca Juga: Completely Build Up]

Tahapan Modifikasi JDM

Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan modifikasi JDM. Hal pertama yang perlu dipahami adalah mengenai jenis modifikasi JDM. Jenis modifikasi ini lebih mengarah pada gaya mobil racing. Untuk itu, ada baiknya hindari modifikasi mobil yang terlalu ekstrem.

Tahapan selanjutnya adalah memaksimalkan jumlah komponen brand Jepang pada mobil. Komponen dari Jepang tersebut meliputi bagian interior dan eksterior, velg ban, serta lainnya. Semakin banyak komponen brand Jepang yang disematkan di mobil, maka aura modifikasi JDM akan lebih terpancar.

Jenis JDM

Pure JDM

Aliran modifikasi ini bisa dikatakan modifikasi yang benar-benar mengedepankan konsep JDM. Hal Ini terlihat dari jenis mobil dan semua komponen produk modifikasinya berasal dari Jepang.

[Baca Juga: Hatchback]

JDM Style

Modifikasi ini lebih mirip seperti kendaraan japs racing style. Tak hanya diterapkan pada mobil produksi Jepang, mobil lansiran negara lain juga bisa mengaplikasikan jenis modifikasi ini.

Referensi: tribunnews.com, fastnlow.net