Toyota Avanza Facelift.jpg

Jangan Salah Mengartikan, Ini Bedanya Mobil Facelift dan All New

Kamis, 28 Maret 2019 9:00 | Galih Pratama

Pencinta otomotif pasti sering mendengar istilah facelift dan all new. Terlebih, awal tahun ini banyak pabrikan otomotif menyematkan kedua istilah tersebut pada produk terbarunya. Lalu, sebenarnya apa yang membedakan antara mobil facelift dan all new?

Keduanya tentu mempunyai perbedaan, namun tidak sedikit pula yang menganggap jika keduanya mempunyai arti yang sama. Jika Anda masih bingung membedakan antara istilah facelift dan all new, kali ini Otopedia ingin menjelaskan lebih rinci perbedaannya.

Dilansir dari tribunnews.com, Kamis (28/3/2019), istilah facelift diartikan bahwa mobil yang diproduksi baru, namun pada dasarnya sama dengan mobil model versi sebelumnya. Mobil facelift biasanya hanya mengalami perubahan atau penyegaran pada beberapa bagian saja.

[Baca Juga: Toyota Siapkan Generasi Baru Seri 86 di Tahun 2021]

Penyegaran tersebut bisa dilihat dari penampilan fisik mobil secara minor. Pada bagian eksterior mobil misalnya, perubahan bisa terlihat dari headlight, grille, dan taillight.

Salah satu pabrikan yang mengeluarkan produk facelift-nya adalah Toyota. Awal tahun lalu, mereka meliris Toyota Avanza versi facelift. Beberapa perubahan terlihat dari mobil MPV yang pernah menyandang mobil terlaris di Tanah Air ini.

Penyegaran yang dilakukan Toyota adalah mengubah bagian headlight dan taillight saja. Sedangkan bentuk bodi dan mesinnya, tetap menggunakan versi sebelumnya.

All New Nissan Livina.jpg

Lalu, bagaimana dengan istilah all new? Mobil versi all new diartikan sebuah mobil dengan wujud, desain, rangka, dan kelengkapan-kelengkapan yang baru. Untuk mengembangkan mobil berlabel all new, produsen mobil terlebih dahulu melakukan pengembangan dan riset yang membutuhkan waktu yang cukup lama, serta biaya besar.

[Baca Juga: All New Nissan Livina Rasa Xpander Resmi Mengaspal]

Produsen mobil berlabel Nissan menjadi salah satu produsen mobil yang menghadirkan produk mobil all new tahun ini. Produk tersebut adalah All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena. Kedua produk tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dari versi sebelumnya. Mulai dari ekterior, interior, hingga perubahan fitur di dalam kabin.

Demikian perbedaan istilah mobil versi facelift dan all new. Jadi, jangan salah lagi ya mengartikan istilah keduanya.