Jangan Panik, Ini Cara Atasi Mesin Overheat

Jangan Panik, Ini Cara Atasi Mesin Overheat

Senin, 4 Februari 2019 13:00 | Galih Pratama

Sebagian pencinta otomotif, Anda pasti pernah mengalami mesin mobil yang overheat ketika berkendara. Mesin overheat adalah kondisi di mana suhu udara pada mesin mobil terlalu tinggi, sehingga menyebabkan mesin mobil menjadi panas dan mengeluarkan asap.

Banyak faktor yang menyebabkan suhu mesin mobil meningkat. Penyebab yang paling umum terjadi adalah kondisi radiator yang mampet dan melemahnya motor kipas radiator.

Bagi Anda mengalami mesin kendaraan overheat, tak perlu panik. Ada langkah atau cara untuk mengatasi mobil overheat dengan mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah yang Anda bisa lakukan saat mesin overheat.

[Baca Juga: Blok Silinder]

1 Segera Parkir Pinggir Jalan

Seperti dilansir dari kompas.com pada Kamis (27/12/2018), langkah pertama yang bisa dilakukan adalah segera pinggirkan kendaraan Anda. Setelah itu, matikan mesin mobil Anda agar menghindari kerusakan lebih parah akibat overheat.

2 Buka Kap Mesin

Langkah kedua adalah buka kap mesin. Tunggu hingga 10-15 menit agar air di dalam radiator tak panas lagi atau dingin. Umumnya, mobil yang mengalami overheat dikarenakan kehabisan air di dalam radiator.

3 Cek Air Radiator

Langkah selanjutnya adalah mengecek kondisi air di dalam radiator. Jika habis, maka harus diganti lagi atau diisi sampai benar-benar penuh. Kemudian, periksa indikator overheat pada dashboard yang terintegrasi dengan speedometer, apakah masih menyala atau tidak.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

4 Cari Kebocoran pada Sistem Pendingin

Dilansir otosia.com, jika Anda berpengalaman dengan mobil, coba periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket. Lihat kondisinya, apakah ada kebocoran atau tidak.

5 Putuskan Tetap Jalan atau Cari Bantuan

Apabila radiator hanya kekurangan cairan dan butuh pengisian ulang, ini artinya tak ada masalah. Anda bisa mengisi air radiator dan melanjutkan perjalanan. Dalam perjalanan, jangan menggunakan atau nyalakan AC, aktifkan heater untuk mengurangi panas mesin, dan awasi selalu pentunjuk temperatur. Namun jika dirasa mesin mengalami overheat yang cukup parah, pertimbangkan untuk mencari bengkel terdekat.

Artikel Lainnya

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil

/media/images/Mesin-Renault-4.original.jpg

Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik

/media/images/Aquaplaning.original.jpg

Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning

/media/images/Indikator-Bensin-Habis.original.jpg

Hindari Kondisi Bensin Mobil Hampir Habis!