Rem Tangan.jpg

Jangan Gunakan Rem Tangan Saat Setop di Lampu Merah, Ini Alasannya

Selasa, 26 Maret 2019 14:00 | Galih Pratama

Tanpa disadari, banyak pegendara mobil kerap melakukan kebiasaan yang sebenarnya tidak dibenarkan. Salah satunya adalah saat berhenti di lampu merah, banyak pengemudi yang mencoba memberikan kesempatan bagi kaki mereka untuk bersantai dari pedal rem dengan menggunakan parking brake atau rem tangan.

Ternyata, kebiasaan tersebut dinilai cukup membahayakan bagi pengemudi ataupun pengendara lainnya. Seperti yang diungkapkan oleh Sony Susmana, Director Trainer Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI). Menurutnya, penggunaan rem tangan saat berhenti di lampu merah merupakan keputusan yang kurang tepat.

“Keputusan ini justru malah akan membuat Anda jadi kurang waspada dengan kondisi sekitar,” ujar Sony seperti dilansir dari laman Suzuki.co.id pada Senin (25/2/2019).

Tak bisa dipungkiri, kata Sony, banyak pengendara yang ingin memanfaatkan momen saat di lampu merah dengan bersantai dan melakukan aktivitas lain. Seperti mengecek notifikasi ponsel ataupun lainnya. Ini justru menjadi aktivitas yang sangat berbahaya karena fokus Anda akan terganggu.

[Baca Juga: Pro Kontra Larangan Penggunaan GPS di Mobil]

“Lampu merah bukanlah tempat yang baik untuk bersantai dan melakukan aktivitas lainnya yang bisa menurunkan konsentrasi saat mengemudi. Selama berhenti di lampu merah, pengendara wajib tetap waspada,” jelas Sony.

Selain kurang fokus, lanjutnya, penggunaan rem tangan juga berpotensi pada kecelakaan. Sebab, ketika pedal rem tidak diinjak maka lampu belakang mobil Anda tak menyala. Artinya, mobil atau kendaraan lain di belakangnya tidak mendapatkan informasi jika mobil tersebut berhenti.

Agar tetap fokus dan terhindar dari potensi kecelakaan, Sony menyarankan, pengendara wajib menginjak rem saat setop di lampu merah. Dengan begitu, kata dia, mobil tak akan melaju dan lampu rem pun tetap menyala sehingga pengguna jalan lain akan tahu jika Anda dalam melakukan pengereman dan posisi berhenti.

Dengan posisi kaki yang tetap berada di pedal rem, lanjut Sony, pengemudi akan tetap waspada dengan kondisi sekitar, terutama saat lampu hijau sudah menyala atau ketika ada pengemudi lainnya yang mencoba menerebos ke depan dengan memanfaatkan ruang sempit. Ini terjadi biasanya dilakukan pengendara sepeda motor.

[Baca Juga: Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet]

Perlu diingat dan dipahami kembali, rem tangan sebenarnya digunakan untuk membuat mobil tetap diam saat posisi parkir. Untuk itu, sebaiknya pengemudi mulai menghilangkan kebiasaan tarik rem tangan saat berhenti di lampu merah. Demi mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Artikel Lainnya

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil

/media/images/Mesin-Renault-4.original.jpg

Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik

/media/images/Aquaplaning.original.jpg

Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning

/media/images/Indikator-Bensin-Habis.original.jpg

Hindari Kondisi Bensin Mobil Hampir Habis!