Jangan Asal! Begini Cara Pasang Seat Belt yang Benar

Jangan Asal! Begini Cara Pasang Seat Belt yang Benar

Senin, 4 Februari 2019 16:00 | Galih Pratama

Peran seat belt sangat penting dalam menjaga keselamatan dalam berkendara. Sebab ketika terjadi kecelakaan, perangkat inilah yang pertama akan memberikan perlindungan. Caranya adalah dengan menahan tubuh agar tidak terbentur atau terpelanting keluar mobil.

Sayangnya, perangkat ini kerap disepelekan sebagian pengemudi dan penumpang. Alasan yang sering terlontar adalah ribet untuk memakainya. Sekalipun digunakan, diyakini masih banyak yang belum paham betul bagaimana cara pemakaian seat belt yang benar. Lalu, bagaimana cara menggunakan seat belt yang benar? Berikut langkah-langkahnya yang telah dirangkum oleh Otopedia.com.

[Baca Juga: Begini Perawatan Jok Kulit yang Benar]

1 Perhatikan Posisi Duduk

Dilansir dari idntimes.com pada Jumat (28/12/2018), sebelum memasang seat belt, perhatikan dulu posisi duduk. Saat duduk di jok, usahakan posisi badan Anda dalam posisi tegak dan sejajarkan punggung dengan sandaran kursi. Hindari menurunkan posisi kursi berlebihan. Jika sandaran diturunkan berlebihan, dikhawatirkan ketika terjadi kecelakaan, ikat pinggang bisa melewati pinggang dan menahan perut. Alhasil, bisa menyebabkan cedera yang lebih serius.

2 Pastikan Seat Belt Tidak Terpelintir

Untuk menghindari tali seat belt terpelintir, pastikan tali seat belt harus berada di posisi rata di dada bagian atas dan di daerah paha atas. Sebab jika tali pinggang terpelintir, kekuatan tekanan yang melindungi pengemudi maupun penumpang tak berfungsi maksimal.

3 Sabuk Seat Belt Harus di Posisi Bahu

Dilansir dari liputan.6.com, Anda harus mengukur sabuk seat belt hingga menutupi bahu dan tidak lebih rendah dari bahu. Selain bahu, pastikan juga posisi sabuk di pinggang melewati panggul di bawah perut.

4 Pastikan Sudah Terkunci dengan Benar

Terakhir, pastikan kunci seat belt berbunyi ‘klik’ ketika mengunci. Untuk menguji kepastian keamanan seat belt, Anda sesekali bisa menarik sabuk pengaman. Ketika sabuk ditarik tak terlepas, itu artinya seat belt bisa digunakan dengan aman.

[Baca Juga: Airbag]

Demikian beberapa tips menggunakan seat belt dengan benar. Penggunaan seat belt memang cukup mudah, tapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka dapat berakibat cidera serius. Untuk itu, pastikan selalu gunakan seat belt ketika berkendara.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil