Jangan-Asal-Begini-Cara-Membersihkan-Mesin-Mobil-yang-Benar.jpg

Jangan Asal, Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar

Rabu, 30 Januari 2019 8:00 | Galih Pratama

Saat mencuci mobil, kebanyakan pencinta otomotif hanya fokus membersihkan pada interior dan eksterior mobil. Mereka kerap melupakan bagian mesin. Bagian ini sejatinya juga harus mendapatkan perawatan. Mesin mobil yang bersih dan terawat, tentunya akan berdampak pada makin awetnya mesin meskipun umurnya sudah tak muda lagi.

Namun membersihkan mesin mobil tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Mengingat banyak bagian sensitif dalam mobil. Misalnya aki, bagian ini tentu tidak boleh tersiram air, karena bisa mengganganggu sistem kelistrikan mobil Anda. Bukan tidak mungkin, akibat mencuci mesin yang salah, mesin mobil Anda mati mendadak dan harus mendapatkan perawatan di bengkel.

Untuk itu, dalam mencuci mobil juga dibutuhkan langkah-langkah yang tepat. Kali ini, Otopedia akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mesin mobil yang benar. Seperti apa langkah-langkahnya?

1. Pilih Bagian yang Mudah

Pilih-Bagian-yang-Mudah.jpg

Dilansir dari daihatsu.co.id pada Senin (12/11/2018), pencinta otomotif harus jeli memilih bagian mesin mobil yang akan dibersihkan. Pertama, pilihlah bagian paling bawah kap mobil. Semprot bagian tersebut dengan air dengan tekanan yang tak terlalu tinggi.

2. Cek Kelistrikan Mobil

Langkah selanjutnya beranjak ke bagian mesin atas. Sebelum membersihkannya, pastikan semua aliran listrik mobil Anda dalam keadaan mati. Karena sangat berbahaya jika Anda menyiram air dalam kondisi mesin menyala. Sementara untuk mempermudah proses pelepasan kotoran atau kerak-kerak yang menempel pada bagian mesin mobil, Anda bisa menyalakan mobil terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pembersihan.

[Baca Juga: Habis Diguyur Hujan, Mobil Sebaiknya Segera Dicuci]

3. Bungkus Bagian Elektrik dengan Plastik

Setelah mesin mobil dalam keadaan hangat dan sistem kelistrikan mati, langkah berikutnya adalah membungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin. Sehingga dalam proses pencucian, air tak memasuki bagian elektrik mesin mobil. Selain dengan plastik, Anda juga bisa membungkus perangkat kelistrikan dengan aluminium foil. Intinya perangkat kelistrikan aman siraman dari air.

4. Gunakan Cairan Khusus

cairan-engine-degreaser.jpg

Khusus bagian inti mesin, Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya. Misalnya dengan cairan engine degreaser pada mesin. Semprotkan cairan tersebut yang terkena noda. Cairan ini ampuh membersihkan noda yang membandel. Agar proses cairan tersebut bekerja maksimal, setelah disemprot diamkan dulu sekira 10 menit. Setelah itu, gunakan kuas untuk membersihkannya.

5. Pembilasan

Proses terakhir adalah membilas cairan engine degreaser. Gunakan spray agar air tidak menciprat ke beberapa bagian mesin. Sambil menyemprot air, lap mesin mobil dengan tekanan pada bagian yang terkena noda.

Artikel Lainnya

/media/images/Mazda-Bintaro.original.jpg

Resmi Dibuka, Segini Target Penjualan Mazda Bintaro

/media/images/BMW-The-New-Series-7.original.jpg

Sedan Mewah Terbaru BMW Seri 7