Suzuki Club Reaksi Cepat.jpg

Jambore Suzuki Club Jadi Saksi Peluncuran Suzuki Club Reaksi Cepat

Senin, 30 September 2019 13:00 | Galih Pratama

OTOVENT – Pada ahkir pekan lalu, Jambore Suzuki Club sukses digelar dan dimeriahkan ratusan anggota klub komunitas resmi Suzuki di Tanah Air. Berbagai agenda digelar dalam memeriahkan hajatan para komunitas mobil Suzuki ini. Salah satu yang menjadi agenda utamanya adalah peluncuran Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC).

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku agen pemegang merek Suzuki, secara resmi meluncurkan SCRC yang telah berdiri sejak 10 Agustus 2018. SCRC dibentuk oleh beberapa komunitas resmi mobil Suzuki yang terlibat dalam penanggulangan bencana gempa Lombok dan tsunami di Palu.

Ide untuk membentuk SCRC semakin kuat saat penanggulangan bencana Lombok, club Suzuki Jip Indonesia (SJI) yang bekerja sama dengan Indonesia Offroad Federation (IOF) dan Satuan Petugas, membutuhkan armada tambahan untuk mengirimkan bantuan logistik ke daerah yang terdampak bencana alam.

[Baca Juga: Forum Otomotif Lampung Salurkan Bantuan Korban Bencana Tsunami]

Dari situ, lahirlah kolaborasi lain dengan komunitas mobil Suzukilainnya. Seperti dengan Karimun Club Indonesia (KCI dan lainnya, sehingga terjadi sinergi antarklub yang berdampak positif dalam melakukan kegiatan bakti sosial.

Hingga saat ini, SCRC telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan dalam skala nasional seperti gempa Lombok dan tsunami Palu dengan mendistribusikan logistik, membangun pipa air bersih, pengobatan luka, membantu ibu hamil yang akan melahirkan, pembangunan hunian sementara hingga daerah-daerah terdampak bencana yang sulit dijangkau.

Selain diresmikan oleh PT SIS, SCRC juga telah terdaftar di institusi pemerintah, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

“Dengan resminya Suzuki Club Reaksi Cepat ini, kami harap seluruh komunitas resmi Suzuki dapat turut mengambil bagian dalam gerakan kemanusiaan untuk seluruh saudara-saudari kita yang membutuhkan bantuan. Sehingga klub resmi Suzuki dapat semakin Bersatu Untuk Negeri Bergerak Demi Kemanusiaan, layaknya moto SCRC,” jelas R. Keliek Pangestu, Ketua Umum SCRC.

[Baca Juga: 18 Komunitas Mobil Toyota Realisasikan Program Kegiatan Sosial]

Saat ini, SCRC telah memiliki kantor sekretariat pusat di Jakarta dengan sekretariat daerah yang berlokasi di Bekasi, Semarang, Lampung, Kalimantan, Bali, dan Lombok. Selain dihuni anggota SCRC yang bersumber dari 14 klub resmi yang bernaung di bawah PT SIS, SCRC juga menerima relawan umum yang tertarik akan program dan kegiatan SCRC melalui seleksi yang akan dilakukan oleh pengurus organisasi.

Sementara selain peluncuran SCRC, Jambore Suzuki Club ini juga diisi dengan pengukuhan komunitas resmi Suzuki ke-14 Suzuki Carry Club Indonesia (SCCI). Komunitas mobil Suzuki ini merupakan wadah bagi para pemilik dan penggemar Suzuki Carry yang awalnya terbentuk melalui media sosial pada 7 November 2009 dan akhirnya meresmikan diri pada 9 Desember 2017 melalui Musyawarah Nasional pertama SCCI yang diadakan di Yogyakarta.