mobil wiranto.jpg

Intip Spesifikasi Mobil Wiranto saat Jadi Korban Penusukan

Jumat, 11 Oktober 2019 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Kabar mengejutkan datang dari Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Mekopolhukam) Wiranto saat berkunjung melakukan kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten, kemarin (10/10/2019). Mantan Panglima TNI ini menjadi korban penikaman orang tak dikenal ketika turun dari mobil dinasnya.

Penyerangan terjadi ketika Wiranto baru saja turun dari mobil dinasnya berpelat nomor polisi RI 16. Diketahui, mobil tersebut berjenis SUV legendaris bernama Toyota Land Cruiser Prado. Mobil ini memang sudah tak dipasarkan lagi PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang merek Toyota di Indonesia. Tapi, beberapa importir umum ada yang menjualnya.

Di Jepang, Toyota Land Cruiser Prado memiliki dua pilihan mesin. Pertama, ada versi mesin bensin berkapasitas 2.700 cc. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 163 daya kuda (tk) dengan torsi maksimal 256 Nm.

Lalu, ada pilihan mesin diesel. Mesin ini punya kapasitas yang lebih besar, yakni 2.800 cc yang mampu menyemburkan tenaga 177 tk dengan torsi maksimal 450 Nm.

[Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Pejabat Mayoritas Berwarna Hitam]

Dari sisi tampilan, bisa dibilang SUV ini cukup tangguh untuk melibas segala medan. Berbekal mesin bertenaga dan bodi yang kokoh, mobil Toyota Land Cruiser Prado sepertinya akan mudah melibas jalan bebatuan, pasir, hingga berlumpur.

Interior Mobil Wiranto.jpg

Dengan kelebihan tersebut, tak jarang banyak pejabat yang memiliki menggunakan mobil Toyota Land Cruier Prado untuk memenami perjalanan dinasnya. Khusus di Indonesia, mobil ini sangat dibutuhkan para pejabat seperti menteri untuk perjalanan ke pelosok-pelosok daerah.

Mengenai harga, mobil Menkopolhukam Wiranto itu memiliki kisaran harga Rp2.059.650.000 sampai Rp2.395.000.000 untuk varian tertingginya.

[Baca Juga: Tajir, Koleksi Mobil Bamsoet Harganya Bikin Melongo]

Sementara selain mobil dinas yang tangguh, ternyata Wiranto juga punya koleksi mobil yang cukup menarik dan tak kalah mewahnya. Melihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diumumkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tercatat ada delapan unit mobil kepunyaan Wiranto.

Di antaranya ada Toypta Alphard, Audi Quattro, Toyota Kijang, Toyota Avanza, Honda Ellysion, Suzuki APV, Mitsubishi Triton, dan lainnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Daihatsu-Sigra_0hM2Xcd.original.jpg

Pilihan Mobil Baru 7 Penumpang di Bawah Rp150 Juta

/media/images/Car-Seat-1.original.jpg

Posisi Duduk Anak di Mobil Ditentukan Usianya