Mobil Ma'ruf Amin.jpg

Intip Mobil Wapres Ma’ruf Amin Seharga Rp1,6 Miliar

Selasa, 22 Oktober 2019 11:00 | Galih Pratama

OTOFIGURE - KH Ma’ruf Amin resmi dilantik menjadi Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI). Beliau akan mendampingi Presiden Jokowo Widodo pada masa pemerintahan periode 2019 – 2024. Di balik pembawaannya yang kalem, kiai asal Banten ini ternyata punya selera otomotif yang cukup tinggi. Dia memiliki dua mobil yang sering digunakan untuk bepergian.

Dua mobil tersebut tergolong mewah. Berdasarkan laporan Harga Kekayaan Pelenyenggara Negara (LHKPN) yang diterbitkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wapres Ma'ruf Amin memiliki mobil lansiran Toyota. Jika total harga mobil keduanya bisa mencapai Rp1,6 miliar.

Toyota Fortuner Ma'ruf Amin.jpg

[Baca Juga: Tajir, Koleksi Mobil Bamsoet Harganya Bikin Melongo]

Mobil pertama yang dimiliki Wapres Ma’ruf Amin adalah SUV Toyota Fortuner VRZ 4x2 AT tahun 2017. Diketahui, varian mobil ini menggendong mesin diesel berkubikasi 2.400 cc. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 149 tenaga kuda (tk) dan torsi 400 Nm yang disalurkan kedua roda.

Secara tampilan, mobil Fortuner Wapres Ma’ruf Amin memiliki desain yang gagah dan tangguh. Handling-nya pun nyaman sekali dan jauh lebih enak dibanding versi sebelumnya. Sedangkan harga mobil ini ditaksir sekira Rp527,9 juta.

Toyota Alphard Ma'ruf Amin.jpg

Selanjutnya, Wapres Ma’ruf Amin punya mobil pribadi Toyota Alphard versi G tahun 2018. Diketahui, mobil Alphard menjadi kendaraan idaman banyak orang. Tak hanya pejabat, kalangan artis pun banyak yang memiliki mobil jenis ini.

Secara spesifikasi, mobil Wapres Ma’ruf Amin merupakan varian tengah dari seri Toyota Alphard, yang berada di antara versi ‘entry-level’ 2.5 X A/T dan versi atas 3.5 Q A/T. Meski demikian, versi tengahan dari mobil Alphard ini tentu tetap dijejali berbagai fitur khas luxury MPV, seperti sliding door otomatis dan captain seat untuk baris kedua.

[Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kenapa Mobil Pejabat Mayoritas Berwarna Hitam]

Mengenai dapur pacu, Toyota Alphard dibekali mesin berkapasitas 2.494 cc empat silinder dengan tenaga maksimal 177,5 tk di 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya 234,3 Nm di 4.100 rpm. Harganya sendiri ditaksir mencapai Rp1,15 miliar.

Itulah dua mobil pribadi milik Wapres Ma’ruf Amin. Jika diperhatikan, semua mobilnya adalah kendaraan tujuh penumpang. Mobil tersebut sangat cocok dijadikan mobil keluarga.

Mobil Dinas

Sementara setelah dilantik menjadi Wapres, bisa jadi nantinya dua mobil pribadi Ma’ruf Amin jarang digunakan. Pasalnya, orang nomor dua di Tanah Air ini akan mendapatkan fasilitas berupa mobil dinas, yakni Mercedes-Benz S 600 Guard model terbaru.

Mobil dinas tersebut tentu bukan sembarang kendaraan dinas. Mobil ini telah dilengkapi dengan fitur kemanan tingkat tinggi, seperti anti peluru dan tahan bahan peledak. Mobil dinas tersebut akan menemani keseharian Wapres Ma’ruf Amin pada akhir tahun ini.

Artikel Lainnya

/media/images/Sofyan-Basir.original.jpg

Deretan Mobil Mewah Eks Dirut PLN Sofyan Basir

/media/images/Kapolri-Idham-Azis.original.jpg

Intip Garasi Mobil Kapolri Baru Idham Azis