Tanah Amblas.jpg

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Terjebak di Tanah Amblas

Kamis, 31 Januari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Seperti halnya dengan bencana gempa bumi, sinkhole atau tanah amblas tidak bisa diprediksi secara pasti. Untuk menghadapi situasi terjebak dalam sinkhole, Anda bisa ikuti langkah berikut seperti yang dilansir dari cintamobil.com berikut ini:

Ini Yang Harus Anda Lakukan Ketika Terjebak di Tanah Amblas.jpg
  1. Langkah pertama Anda haruslah tenang terlebih dahulu. Jangan terlalu panik, walaupun sulit cobalah untuk tenang, sebab jika Anda panik maka pikiran akan kacau dan hanya akan memperburuk keadaan.
  2. Perhatikan kondisi tempat kejadian. Jika pada area kejadian kondisinya berair segera mungkin Anda bergerak keluar agar tidak terjebak di dalam kendaraan. Beda halnya jika kondisi area sekitar terlihat kering, Anda tunggu terlebih dahulu hingga tanah berhenti bergerak. Setelah itu, keluarlah dari kendaraan dan cari posisi yang dirasa aman.
  3. Posisikan tubuh berada di samping kiri atau kanan lubang tempat kejadian. Sebab jika Anda terus-terusan berada di tengah, itu akan lebih berbahaya, soalnya masih ada kemungkinan kendaraan lain yang terjatuh.
  4. Segera minta pertolongan pada orang lain yang berada di atas dengan berteriak atau memberikan kode seperti senter pada HP. Ini untuk menandakan bahwa Anda masih hidup. Jika saat kejadian area sekitar terlihat sepi, Anda bisa langsung hubungi polisi atau orang terdekat Anda untuk segera memberi pertolongan.

Sekali lagi bencana, seperti terjebak di jalan amblas kadang datang tak terduga. Karenanya selalu berhati-hati dan jangan lupa selalu berdoa agar diberi keselamatan selama berkendara hingga sampai tempat tujuan.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]