Toyota Crown.jpg

Ini Wujud Sedan Mewah Menteri Jokowi Seharga Rp1 Miliar Lebih

Rabu, 28 Agustus 2019 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Tak hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendapatkan mobil dinas baru, para menteri era pemerintahan Jokowi dan Ma’aruf Amin periode 2019-2024 juga mendapatkan tunggangan sedan mewah. Seperti apa wujudnya?

Adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang akan menjadi mobil dinas baru menteri kabinet pemerintahan 2019-2024. Kepastian ini disampaikan Asisten Deputi Humas Kementerian Sektretariat Negara Eddy Sugiatro beberapa waktu lalu.

“Sesuai hasil tender umum, PT Astra International Tbk-TSO dinyatakan sebagai pemenang. Lalu, diperoleh Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon,” ujar Eddy seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Rabu (28/8/2019).

Total ada 101 unit kendaraan yang diperuntukkan bagi para anggota kabinet, pejabat setingkat menteri, serta pemimpin lembaga negara. Anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk pengadaan mobil tersebut sebesar Rp147,23 miliar. Artinya, bila dibagi sebanyak 101 unit, maka harga per unit Toyota Crown 2.5 HV G-Executive berkisar Rp1,45 miliar.

Interior Toyota Crown.jpg

[Baca Juga: Melihat Ketangguhan Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi]

Spesifikasi

Melansir laman resmi Toyota, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive berbalut desain yang memiliki kesan agresif. Ini terlihat dari gril yang dominan dan kokoh. Garis desain yang diciptakan menggabungkan konsep mewah dan aerodinamis. Toyota Crown pun sudah mengadaptasi skema desain Toyota New Global Architecture (TNGA).

Beragam fitur kenyamanan dan keselamatan berkendara juga dibenamkan dalam mobil ini. Salah satunya adalah fitur Rear Pedestrian Support Brake yang menghentikan laju mobil saat parkir mundur dan mendeteksi adanya pejalan kaki di belakang.

Bahkan, mobil generasi ke-15 Toyota Crown ini telah mengadopsi aplikasi teknologi Data Communication Module (DCM). Teknologi ini memungkinkan komunikasi antara mobil dan pemiliknya lebih baik. Sistem yang terkoneksi penuh selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu ini fokus pada layanan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pemilik kendaraan.

Mesin Toyota Crown.jpg

[Baca Juga: Soal Mobil Listrik, Toyota: Masyarakat Perlu Edukasi]

Beranjak ke bagian dapur pacu, Toyota Crown punya tiga pilihan mesin. Pertama, unit 2.000 cc turbo 4 silinder bertenaga 245 PS di 5.200 – 5.800 rpm dan torsi 350 Nm di putaran serendah 1.650 – 4.400 rpm.

Kedua, di level menengah tersedia mesin hybrid 2.500 cc 4 silinder dengan potensi tenaga gabungan 226 PS dan torsi gabungan 521 Nm. Sedangkan ketiga, yang paling mewah, unit hybrid 3.500 cc V6 dengan limpahan tenaga total 356 PS dan torsi gabungan hingga 620 Nm.

Bagaimana, cukup istimewa bukan? Dari tampilan hingga tenaga mesin Toyota Crown 2.5 HV G-Executive cukup mumpuni dalam menemani keseharian para menteri dan pejabat negara mengemban tugas.

Artikel Lainnya

/media/images/Daihatsu-Sigra_0hM2Xcd.original.jpg

Pilihan Mobil Baru 7 Penumpang di Bawah Rp150 Juta

/media/images/Car-Seat-1.original.jpg

Posisi Duduk Anak di Mobil Ditentukan Usianya