Aki Mobil.jpg

Ini Pilihan Aki Mobil Minim Perawatan

Senin, 29 Juli 2019 10:00 | Galih Pratama

Aki merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, baik motor maupun mobil. Komponen ini berkaitan sebagai sumber kelistrikan yang meliputi head lamp, lampu sign, lampu indikator, hingga starter mobil. Fungsinya yang begitu vital, membuat para pemilik harus pandai memilih dan merawat aki secara rutin.

Sayangnya, aktivitas yang tinggi membuat sebagian orang kerap tak sempat atau bahkan melupakan perawatan aki mobil. Jika sudah begitu, mau tidak mau Anda harus pandai memilih aki yang minim perawatan. Agar terhindar dari masalah kelistrikan pada mobil kesayangan Anda.

Banyak hal memang yang harus diperhatikan dalam memilih aki yang minim perawatan. Seperti dikatakan Andi Chandra, Bussines and Marketing Team MPMParts. Menurutnya, komponen penting yang harus diperhatikan adalah aki mobil harus memiliki elektroda panduan timbal dan pemisah amplop yang tahan panas terhadap korosi.

“Kedua komponen tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap daya tahan aki mobil yang digunakan,” kata Andi dalam peluncuran Aki Hitachi beberapa waktu lalu di GIIAS 2019 di ICE, BSD City.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Aki Mobil Tetap Awet]

Namun, lanjut Anda, dua komponen itu saja tak cukup menunjang aki mobil akan mampu bertahan lama. Menurutnya, ada salah satu komponen penting penunjang lainnya, adalah struktur penutup (seal cap) khusus. Struktur penutup ini diyakini mampu mengembalikan air aki yang diuapkan ke elektrolit.

“Dengan komponen tersebut (seal cap), aki mobil menjadi bebas perawatan karena tak perlu mengisi ulang aki. Jadi, pemilik mobil tak perlu lagi memikirkan untuk mengisi ulang air aki,”tambahnya.

Pilihan aki mobil yang memiliki sejumlah komponen tersebut adalah Aki Hitachi. Aki yang dikembangkan dengan teknologi Jepang ini mulai dipasarkan oleh MPMParts, anak perusahaan dari MPM Group.

Andi menjelaskan, Aki Hitachi diproduksi menggunakan teknologi Grid dari Jepang. Teknologi tersebut mampu mengurangi risiko korosi pada aki mobil.

“Jika sudah mampu kurangi korosi, usia aki mobil pun akan lebih tahan lama dibanding dengan aki sejenis,” klaim Andi.

[Baca Juga: Lebih Baik Mana, Aki Basah atau Kering?]

Aki Hitachi dipasarkan dengan dua varian, yakni untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Untuk varian kendaraan roda empat, ada dua tipe yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni aki konvensional dan aki kering alias maintenance free.

Mengenai harga, Aki Hitachi dibanderol mulai dari Rp918.000 hingga Rp1.900.000 yang disesuaikan dengan tipe dan kapasitasnya. Milsanya tipe 40B19 R dengan kapasitas 35 ampere hours (Ah) dibanderol Rp918.000.

Artikel Lainnya

/media/images/Ilustrasi_Kaca_Film.original.jpg

Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil

/media/images/Ilustrasi_Ganti_Oli_Mesin.original.jpg

Patokan Ganti Oli Mesin Mobil Bukan Jarak Tempuh

/media/images/Cat_Mobil_Rusak.original.jpg

Hal Sepele Ini Bisa Sebabkan Cat Mobil Rusak