All Nissan Livina.jpg

Ini Perbedaan All New Nissan Livina dan Xpander, Pilih Mana?

Rabu, 20 Februari 2019 17:00 | Galih Pratama

PT Nissan Motor Indonesia resmi meluncurkan mobil segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV), yakni All New Nissan Livina di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (19/2/2019). Menariknya, mobil ini hadir dengan platform Mitsubishi Xpander. Meski berbasis sama, pihak Nissan tak ingin disebut mobil ternyarnya itu disamakan dengan Mitsubishi Xpander.

"Saya ingin memberikan satu yang penting bahwa Nissan dan Mitsubishi itu tidaklah sama, melainkan keduanya akan saling bersaing di segmennya," kata Presiden Direktur PT Nissan Indonesia Isao Sekiguchi dalam acara peluncuran All New Nissan Livina dan All New Nissan Serena di Djakarta Theater, Jakarta.

Gril Nissan Livina.jpg

Jika dilihat secara saksama, perbedaan memang nampak terlihat pada sisi depan bodi mobil Livina baru. Di mana terdapat gril V Motion yang menjadi ciri khas dari mobil Nissan di dunia. Sedangkan Xpander lebih mengusung desain dynamic shield.

[Baca Juga: All New Nissan Livina Rasa Xpander Resmi Mengaspal]

Gril V Motion Nissan Livina diapit dengan dual LED dengan daytime running light (DRL). Ketika pengemudi menyalakan mesin, DRL secara otomatis akan menyala.

Desain Lampu Nissan Livina.jpg

Bagian velg juga terlihat berbeda antara Nissan Livina baru dan Mitsubishi Xpander. Livina mengusung velg dengan palang sembilan. Sedangkan Xpander berjumlah 10 dengan two tone.

Beranjak ke bagian interior, Livina terdapat head unit layar sentuh berukuran tujuh inci yang terkoneksi dengan ponsel pintar. Teknologi ini disebut Apple Car Play dan Android Auto.

Sementara dari fiturnya sendiri, Nissan Livina baru dilengkapi dengan Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, dan Traction Control. Fitur tersebut siap meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara.

Interior Nissan Baru.jpg

Mengenai harga, All New Nissan Livina terbagi 5 varian yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp198,8 juta hingga Rp261,9 juta. Jika dirinci, varian VL AT dibanderol Rp261,9 juta, VE AT Rp249,9 juta, EL AT Rp233 juta, EL MT Rp223 juta, dan E MT Rp198,8 juta.

[Baca Juga: All New Nissan Serena, MPV dengan Sentuhan Dua Warna]

Harga yang diberikan Nissan tersebut beda tipis dengan Mitsubishi Xpander. Misalnya untuk Xpander varian teratas Ultimate dibanderol Rp260,9 juta. Sedangkan varian Sport A/T Rp 252,2 juta, Sport M/T Rp242,2 juta, Exceed A/T Rp240 juta, Exceed M/T Rp229 juta, GLS A/T Rp233,6 juta, GLS M/T Rp222,6 juta, dan GLX M/T Rp206,1 juta.