Mobil Terbakar.jpg

Ini Penyebab Mobil Terbakar Sendiri Seperti Mobil Raffi Ahmad

Selasa, 22 Oktober 2019 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Belum lama ini, kita dihebohkan dengan kasus kebakaran mobil yang menimpa Lamborghini Aventador milik Raffi Ahmad. Kejadian tersebut tentunya datang bukan tanpa sebab. Tak juga menimpa hanya beberapa jenis mobil saja. Semua tipe jenis mobil bisa berpotensi mengalami hal serupa.

Penyebabnya memang bisa bermacam-macam. Melansir dari laman Auto2000, Selasa (22/10/2019), setidaknya ­­5 penyebab mobil bisa terbakar sendiri dengan tiba-tiba. Bisa dikarenakan kesalahan pemilik mobil, ataupun persoalan teknis seperti kelistrikan dan kesalahan modifikasi. Berikut 5 faktor penyebab mobil terbakar sendiri:

Pertama, kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pemilik mobil meletakkan barang yang mudah terbakar di dalam kap mesin. Misalnya lap, sarung tangan, busa, dan plastik. Tentunya, benda tersebut memiliki potensi mudah terbakar jika terkena sumber panas dari blok mesin.

[Baca Juga: Solusi Terjadinya Mesin Overheat]

Kedua, karena modifikasi kelistrikan. Mengubah sistem kelistrikan mobil, khususnya pada audio mobil. Selain itu, memodifikasi lampu mobil dengan lampu aftermarjet yang tak sesuai juga punya tingkat risiko tinggi terhadap kebakaran mobil. Perhitungan yang salah, akan mengakibatkan terjadinya korsleting.

Ketiga, karena kebocoran yang terjadi pada oli mesn. Tetesan oli mesin dapat terbakar apabila mengenai elemen panas seperti pipa knalpot. Di samping itu, jika tidak rutin mengganti oli sesuai dengan ketentuan, maka senyawa kimia dalam oli akan berubah.

Perubahan tersebut akan berimbas pada mesin yang cepat panas, komponen di dalammya haus, dan berpotensi terjadi kebekaran jika terpercik.

Keempat, akibat terburu-buru, kadang ketika parkir sebagian pemilik mobil tak sadar bahwa di sebelah mobil terdapat sumber api, seperti tempat sampah. Apabila kalau ternyata isi tempat samah tersebut baru saja terbakar, bara api dari sisa pembakaran bisa saja terbang dan mengenai bagian mobil yang sensitif seperti kabel kelistrikan.

Mesin yang masih panas juga berisiko terbakar jika terkena sampah plastik yang terbang terbawa angin. Untuk itu, saat berhenti pastikan dulu kendaraan Anda aman dari sumber panas.

Kelima, kebiasaan lain yang bisa berpotensi mobil terbakar adalah menyimpang barang-barang yang mudah terbakar di dalam kabin mobil. Contohnya bensin, tinner, parfum cair, dan korek api gas.

[Baca Juga: Mobil Rusak Akibat Demo Bisa Diklaim Asuransi, Ini Syaratnya]

Terlebih mobil itu diparkir di ruang terbuka dalam waktu yang cukup lama. Sebab, barang-barang tersebut mengandung bahan aktif yang apabila diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran mobil.

Itulah lima faktor penyebab kekabaran mobil. Rata-rata penyebabnya diakibatkan karena kebiasaan atau kelalaian pemilik mobil yang bisa memicu kebakaran mobil. Jadi, pastikan Anda selalu menghindari lima hal tersebut agar terhindar dari kebakaran mobil secara tiba-tiba.