Daihatsu Gran Max.jpg

Penyebab Daihatsu Recall Ribuan Gran Max 1.5L dan Luxio

Senin, 4 November 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), agen pemegang merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia menarik ulang (recall) 36.915 unit Daihatsu Gran Max dan Luxio tahun produksi Maret 2018 hingga April 2019. Dari angka itu, ada 32.000 terdiri dari Gran Max dan 4.000 Luxio.

Recall dilakukan karena masalah connecting rod yang berpotensi bermasalah sehingga menyebabkan mesin mati. Daihatsu akan melakukan penggantian komponen connecting rod atau setang piston pada mesin 1.5L 3SZ, Gran Max 1.5L dan Luxio.

Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor, program recall ini dilakukan setelah PT ADM mendeteksi adanya potensi keretakan dan bahkan putus pada komponen setang piston kedua mobil tersebut.

"Tekanan berlebih pada setang piston ini saat proses forging di pabrik pembuatnya sehingga berpotensi terjadi keretakan bahkan patah saat digunakan," jelas Anjar seperti dilansir gridoto.com, Senin (4/11/2019).

[Baca Juga: Toyota Recall Ribuan All New Rush, Ada Apa?]

Masih menurut Anjar, pihaknya sudah menemukan enam kasus terkait retak atau patahnya setang piston pada Daihatsu Gran Max dan Luxio. "Sampai saat ini kami sudah menemukan enam kasus kerusakan setang piston di Gran Max 1.5L dan Luxio, lima mengalami setang piston putus dan satu keretakan di setang piston," tambah Anjar.

Daihatsu Luxio.jpg

Untuk itu, Daihatsu mengimbau kepada pelanggan kedua mobil tersebut langsung menghubungi atau datang ke dealer resmi Daihatsu terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan jadwal penggantian komponen terkait recall tersebut.

[Baca Juga: Airbag Bermasalah, Honda Recall 6 Model Mobilnya]

Pada penggantian komponen ini, pelanggan tak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Selain itu, pelanggan juga akan mendapat apresiasi berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk service berikutnya bagi yang berpartisipasi dalam program ini.

“Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami dalam memastikan mobil yang sudah menjadi milik pelanggan pun tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM.

Sementara sebagai informasi, sejak diluncurkannya Gran Max (2008), dan Luxio (2009), keduanya telah terjual sebanyak lebih dari 300.000 unit.