Smart SIM.jpg

Ini Langkah-langkah Membuat Smart SIM

Senin, 23 September 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri terus melakukan inovasi dalam hal pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM). Terbaru, mereka resmi meluncurkan SIM online dan Smart SIM atau SIM pintar bagi pengguna kendaran bermotor di Tanah Air pada Minggu (22/9/2019) di kawasan Senayan, Jakarta.

Smart SIM didesain dengan kartu berbasis IT yang memiliki sejumlah fungsi tambahan. Salah satu diantaranya bisa digunakan untuk pembayaran non tunai semacam uang elektronik. “Smart SIM merupakan bagian dari inovasi pelayanan publik di bidang lalu lintas yang berbasis IT,” ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Andri seperti dilansir kompas.com, Senin (23/9/2019).

SIM Smart.jpg

Bagaimana cara mendapatkan SIM Smart? Langkah pertama, pemohon terlebih dahulu mengakses website resmi sim.korlantas.polri.go.id. Setelah itu, pilih layanan dan registrasi online. Kemudian mengisi form permohonan seperti jenis permohonan SIM baru atau perpanjang, golongan SIM, alamat email, Polda kedatangan dan Satpas kedatangan.

“Lalu, masukkan nomor induk KTP elektronik. Saat pengisian data pribadi, cantumkan nomor aktif. Jika memasukkan nomor yang salah, maka aplikasi Smart SIM tak bisa diaktivasi,” demikian keterangan Polri dilansir dari video yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro.

[Baca Juga: Smart SIM, Bisa Dipakai Bayar Tol Hingga Belanja]

Jika data pribadi sudah di-input, lalu pilih tanggal kedatangan dan menyetujui untuk melakukan registrasi. Setelah itu, pemohon diminta melakukan pembayaran registrasi SIM online pada Bank BRI dengan memasukkan kode bayar yang tertera pada website.

Pembayaran bisa dilakukan melalui layanan ATM, m-banking hingga internet banking BRI. Waktu pembayarannya sendiri telah ditentukan selama tiga jam dari proses registrasi. Setelah pemohon selesai melakukan pembayaran, maka kode registrasi akan dikirimkan lewat layanan pesan singkat (SMS) atau email.

Kode registrasi tersebut nantinya dibawa dan ditunjukkan langsung kepada petugas Polda atau Satpas. Dengan melakukan registrasi SIM online, pemohon tak perlu lagi antre lagi saat mendaftar pembuatan atau perpanjang SIM.

Selanjutnya, pemohon akan menjalani prosedur penerbitan SIM seperti identifikasi-verifikasi, ujian teori, ujian keterampilan mengemudi, hingga praktik kemampuan mengemudi. Jika semuanya selesai, maka pemohon akan mendapatkan Smart SIM.

Smart SIM.jpg

Kelebihan Smart SIM

Berbeda dengan SIM lama, Smart SIM memiliki banyak kelebihan Salah satu keunggulannya adalah semua forensik kepolisian sudah terdata dalam SIM. Pasalnya, SIM ini telah ditanam chip dengan kapasitas tertentu yang bisa menyimpan data pemilik. Mulai dari alamat, pekerjaan, dan lainnya.

[Baca Juga: Balik Nama Mobil Tak Sulit yang Dikira, Ini Proses dan Biayanya]

Smart SIM juga bisa mendeteksi jenis pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna SIM atau pengemudinya. Data tersebut tercatat secara online dan real time. Sementara khusus untuk uang elektronik atau e-money, semua transaksi elektronik bisa dilakukan dengan Smart SIM. Misalnya membayar tol, parkir, belanja, dan lainnya. Sedangkan batas maksimum saldo sebesar Rp2 juta.