acs-supra-1.jpg

Ini Hasilnya Jika AC Schnitzer Menggarap Toyota GR Supra

Jumat, 13 Desember 2019 21:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Penyuka mobil modifikasi tentu kenal dengan nama AC Schnitzer, terutama yang menggemari produk BMW. Namun tuner Jerman yang bermarkas di kota Aachen ini semakin memperluas kompetensi mereka, seiring dengan adanya kolaborasi antara BMW dengan Toyota dalam melahirkan Toyota GR Supra. Mobil tersebut menggabungkan teknologi BMW dan rancangan mobil sport legendaris dari Toyota.

Pengalaman AC Schnitzer memodifikasi BMW dituangkan pada Toyota GR Supra ini.

Dalam mengembangkan setiap mobil, AC Schnitzer berpegang teguh terhadap sejumlah aspek, yakni setiap produk yang diciptakan harus dibuat khusus, diuji secara teknis dan sesuai dengan kriteria mobil balap, berkualitas tinggi, namun tetap dapat digunakan di setiap saat. Untuk bagian interior, AC Schnitzer menyuguhkan beberapa aksesoris berbahan aluminium untuk paddle shift, pedal dan footrest, gantungan kunci, hingga penutup iDrive System Controller.

Kreasi AC Schnitzer pun merambah ke bagian interior.

Tampilan bodi depan Toyota GR Supra ini semakin terlihat galak berkat adanya splitter berwarna hitam, dengan material ASA (Acrylnitril-Styrol-Acrylester). Sedangkan di bagian belakangnya terdapat spoiler berbahan karbon, dan konsumen pun dapat menambahkan Gurney flap pada spoiler tersebut. Konstruksi spoiler ini dirancang secara kokoh dengan menggunakan penyangga aluminium berbobot ringan.

Aspek kedinamisan dan stabilitas berkendara ditingkatkan oleh AC Schnitzer dengan menggunakan suspensi RS coilover, dengan fitur pengaturan ketinggian, rebound, dan kompresi sesuai dengan preferensi berkendara pengguna Toyota GR Supra ini. Ketinggian kendaraan dapat direduksi hingga 25 mm, sehingga kemampuan saat menikung pun semakin akurat.

Spoiler belakang memiliki opsi Gurney flap yang mampu memberikan efek downforce lebih besar.

AC Schnitzer tetap menjamin bahwa dengan adanya suspensi ini, kenyamanan berkendara tidak akan berkurang. Bagi pengendara antusias, masih ada opsi per berkarakter sport yang dapat membuat mobil semakin merebah hingga 15 mm.

[Baca Juga: Beli Toyota GR Supra, Marcus Gideon: Saya Suka Mobilnya, Kenceng!]

Meski komponen bagi Toyota GR Supra ini dapat dipilih secara bebas oleh konsumen, namun AC Schnitzer tetap merekomendasikan kombinasi optimal antara suspensi dan ban yang telah diuji oleh para engineer. Ada pilihan velg AC1 Light Alloy berukuran 20 inci dengan warna BiColor atau Antrachite, maupun AC3 Lightweight Forged berkelir Silver/Anthracite atau Anthracite/Silver.

Toyota GR Supra racikan AC Schnitzer tetap mengusung mesin 6 silinder berkapasitas 3,0 liter, tapi performanya dibuat meningkat dari 340 hp menjadi 400 hp, sedangkan torsi awal 500 Nm kini menjadi hingga 600 Nm. Oprekan pada sektor mesin tersebut diimbangi dengan penyematan rear silencer pada bagian buritan Toyota GR Supra. AC Schnitzer tak ingin sembarangan dalam mengaplikasikan komponen tersebut, karena setelah diuji secara berulang kali, hasilnya tak tanya terlihat atraktif saat dipasang, sebab suara yang dihasilkan pun terdengar merdu.

Tenaga awal 340 hp sukses ditingkatkan hingga 400 hp.

Setiap langkah upgrade yang dilakukan oleh AC Schnitzer dilengkapi dengan garansi hingga 36 bulan, sehingga pelanggan tetap merasa aman dan nyaman saat mengendarai mobilnya secara antusias. Dengan sejumlah modifikasi yang dilakukan oleh AC Schnitzer ini, Toyota GR Supra yang telah berkarakter sport kini semakin berjiwa atletis.

Artikel Lainnya

/media/images/All-New-Fit.original.jpg

Honda Jazz 2020 Mulai Dijual di Jepang

/media/images/Suzuki-XL7_K5otdMX.original.jpg

Masuk Segmen SUV, Segini Target Penjualan Suzuki XL7