Ilustrasi sewa mobil mudik Lebaran.jpg

Ingin Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran? Simak Dulu Tips Ini

Senin, 13 Mei 2019 12:00 | Galih Pratama

Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika menjelang Lebaran tiba. Banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk mudik. Salah satunya adalah dengan menyewa menggunakan mobil di rental atau jasa penyewaan.

Untuk mendapatkan jasa penyewaan mobil jelang Lebaran pun mudah kita jumpai. Sebelum memilih mobil sewaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan kenyamanan saat berkendara. Berikut empat hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menyewa mobil sewa untuk mudik Lebaran.

1 Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Dilansir dari tribunnews.com, Senin (13/5/2019), salah satu keuntungan mudik menggunakan mobil sewaan adalah dapat memilih kendaraan seusai keinginan. Jika mudik membawa cukup banyak orang, Anda bisa memilih mobil tipe low MPV. Seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

[Baca Juga: Ingin Beli Mobil Buat Mudik Lebaran? Simak Dulu Tips Ini]

Namun, jika medan menuju ke kampung halaman Anda sedikit berat, pilihlah mobil tipe SUV. Pilihannya ada Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

2 Perhatikan Usia Kendaraan

Jika sudah menentukan mobil, lalu perhatikan usia kendaraan. Ini berkaitan dengan kenyamanan saat perjalanan mudik. Kondisi layak atau baiknya kendaraan bisa dilihat dari usia kendaraan.

Untuk itu, ada baiknya Anda punya batasan aman usia mobil yang akan disewa. Tiga tahun menjadi usia maksimal mobil dianggap cukup baik ketika diajak untuk mudik. Selain itu, pastikan juga mobil selalu rutin dirawat agar mesin mobil selalu prima ketika diajak mudik.

3 Asuransi Kendaraan

Selain usia kendaraan, hal ketiga yang juga harus diperhatikan adalah pastikan bahwa mobil yang Anda sewa sudah terjamin oleh asuransi. Tak hanya menjamin kendaraan dan penumpang di dalamnya saja, tapi juga yang memiliki jaminan third liability insurance, sehingga apabila terjadi kecelakaan yang merugikan orang lain, penyewa hanya perlu membayar klaim sementara tanggungan akan diambil oleh asuransi.

Jangan sampai Anda mencari sewa kendaraan yang murah, tapi ketika ada kecelakaan harus ada tambahan biaya lagi.

[Baca Juga: Mobil Terbaru Dibanderol di Bawah Rp200 Juta, Apa Saja Pilihannya]

4 Jaringan Rental atau Penyewa

Terakhir, pilih rental mobil yang besar dan memiliki jaringan cabang di beberapa wilayah Tanah Air, serta nomor darurat yang disediakan jika ada kejadian yang tak diinginkan. Misalnya kecelakaan atau kerusakan mobil.

Demikian empat tips sebelum Anda memilih mobil rental untuk keperluan mudik. Jangan asal pilih, utamakan keselamatan selama perjalanan mudik Lebaran.

Artikel Lainnya

/media/images/ilustrasi_bahan_bakar_mobil.original.jpg

Suka Gonta-Ganti BBM? Begini Efeknya

/media/images/Ilustrasi_ganti_rem_mobil.original.jpg

Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

/media/images/AC_Mobil_yRfHTsm.original.jpg

4 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak