Toyota New Sienta.jpg

Ingin Ganti Mobil Baru Tiap 3 Tahun Sekali? Begini Caranya!

Rabu, 16 Oktober 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setiap pemilik mobil pastinya punya hasrat untuk mengganti mobilnya dengan model teranyar. Ini memang bukan perkara mudah. Selain harus menjual mobil ke pasaran, masalah budget down payment dan cicilan mobil yang belum lunas selalu menjadi kendala yang kerap ditemui sebagian kalangan untuk mendapatkan mobil baru. Bagaimana solusinya?

Menjawab akan kebutuhan tersebut, Auto2000 menghadirkan program Toyota Drive yang merupakan hasil kolaborasi PT Toyota Astra Motor (TAM), sebagai agen pemegang merek Toyota di Tanah Air.

Dijelaskan Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Program Toyota Drive memberikan kemudahan pada pelanggan setia Auto2000 agar dapat mengganti mobil baru Toyota setiap 3 tahun sekali. “Program ini hanya berlaku untuk model New Avanza, New Yaris, New Sienta, New Innova, dan New Fortuner di wilayah DKI Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Berlaku hanya sampai Desember 2019,” jelas Martogi, Rabu (16/10/2019).

[Baca Juga: Akhir Tahun Ini Toyota Akan Luncurkan Sedan Prius PHEV]

Dia melanjutkan, pelanggan yang mengambil program Toyota Drive mendapatkan keuntungan berupa Jaminan Harga Jual (JHJ) di akhir tenor. Dengan begitu, pokok utang yang tersisa dan biaya down payment mobil baru berikutnya masuk ke dalam JHJ. “Jadi, pemilik mobil hanya tinggal melanjutkan cicilan untuk mobil baru tersebut,” tambahnya.

Sebagai simulasi, Martogi mencontohkan, calon pembeli ingin meminang sebuah New Sienta 1.5 Q CVT menggunakan paket Toyota Drive. Pelanggan cukup membayar Total Down Payment (TDP) sejumlah Rp59,6 juta dan cicilan sebesar Rp 5,95 juta selama 35 bulan. Di akhir masa cicilan, pemilik mobil tersebut memiliki sisa pokok utang sebesar Rp118 juta dan JHJ sebesar Rp 163 juta. Namun perlu diingat, perhitungan ini berlaku untuk harga on the road (OTR) Jakarta.

Singkatnya, konsumen yang mengambil paket Toyota Drive diberi kemudahan untuk melakukan trade-in atau tukar tambah mobil baru Toyota dengan memasukkan pokok utang dan TDP ke dalam JHJ. Pelanggan Auto2000 hanya perlu membayar cicilan untuk mobil baru Toyota miliknya.

Sementara untuk pelanggan yang tidak ingin melakukan tukar tambah di tahun ke-3, ada beberapa opsi disediakan. Pertama adalah extend, di mana konsumen memperpanjang masa cicilan untuk 3 tahun berikutnya.

Selanjutnya adalah return, yaitu pemilik 'mengembalikan' mobil ke pihak Auto2000 dan mendapatkan uang sebesar nilai JHJ yang disesuaikan, dengan dikurangi nilai pelunasan pokok utang. Terakhir, pelanggan bisa melunasi New Sienta sesuai dengan nilai pokok utang yang tesisa di akhir periode.

[Baca Juga: Buruan, Auto2000 Tebar 5 Paket Promo Cicilan Ringan]

Untuk mendapatkan program Toyota Drive, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Di antaranya jarak tempuh mobil tidak mencapai 45.000 km dalam 3 tahun, mobil tidak mengalami kecelakaan berat yang merusak sasis atau terkena dampak banjir, mobil tidak dimodifikasi di area mesin atau mengubah bentuk standard, rutin servis berkala di bengkel resmi Auto2000, serta dokuman lengkap dan asli.

"Sekarang tak perlu lagi pusing memikirkan nasib mobilnya setelah masuk usia 3 tahun. Ikuti program Toyota Drive, maka pelanggan dapat mengganti mobilnya yang telah berumur 3 tahun dengan mobil baru Toyota dan mendapatkan keuntungan hanya tinggal meneruskan cicilannya saja," tutup Martogi.