Ilustrasi memilih mobil mudik Lebaran..jpg

Ingin Beli Mobil Buat Mudik Lebaran? Simak Dulu Tips Ini

Selasa, 7 Mei 2019 10:00 | Galih Pratama

Fenomena mudik saat Lebaran sudah jadi tradisi tahunan di Indonesia. Sebagai transportasi, sebagian orang lebih membeli mobil baru atau bekas dibanding menggunakan transportasi umum seperti bus ataupun kereta. Selain bisa digunakan mudik, kendaraan pribadi juga bisa digunakan untuk berlibur bersama keluarga.

Namun, memilih mobil baru ataupun bekas untuk mudik tentu bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari sisi kebutuhan hingga cara pembayarannya.

Sebelum membeli, ada baiknya Anda lakukan riset kecil-kecilan, perencanaan sederhana, dan jangan terburu-buru saat menentukan pilihan mobil Anda. Berikut Otopedia rangkum tips memilih mobil baru ataupun bekas untuk mudik Lebaran yang dirangkum dari berbagai sumber.

1 Sesuaikan dengan Kebutuhan

Dilansir dari liputan6.com, Selasa (7/5/2019), tentunya hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih mobil sesuai dengan kebutuhan. Misalnya mobil yang cocok untuk keluarga, maka Anda harus memilih mobil dengan kabin yang luas. Sementara jika ingin memiliki mobil lincah di dalam kota, maka city car yang irit bahan bakar menjadi pilihna yang tepat.

[Baca Juga: Mobil Terbaru Dibanderol di Bawah Rp200 Juta, Apa Saja Pilihannya]

2 Menentukan Anggaran

Selain kebutuhan, membeli mobil juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial. Jika ingin menjual mobil sebelumnya, carilah penawar kendaraan terbaik untuk mendapatkan model baru yang maksimal. Oleh karenanya, sebelum menentukan jenis mobil, pastikan dulu berapa anggaran yang Anda miliki.

3 Skema Pembelian

Dilansir dari dream.co.id, pembelian mobil secara tunai atau cash merupakan pilihan yang baik. Sebelum membayar booking fee, ada baiknya Anda bernegosiasi dengan pihak sales. Ini bertujuan agar Anda bisa memanfaatkan diskon yang menarik. Jangan ragu untuk meminta promo, karena itu adalah hal yang harus diberikan kepada konsumen.

Sementara bagi yang mengambil skema kredit, terlebih dahulu Anda pastikan memiliki dana awal minimal 25-30 persen dari harga mobil. Ingat, cicilan mobil juga harus dibatasi hanya sebesar 30 persen dari gaji bulanan.

4 Safari Diler dan Pameran Mobil

Tentunya setiap diler memiliki mekanisme promo atau diskon yang berbeda. Setelah menentukan mobil yang akan dibeli, mintalah tambahan bonus terbaik dari pihak diler seperti gratis aksesori mobil, gratis kaca film, dan lainnya.

[Baca Juga: Tiga Cara Merawat Kaca Film Mobil yang Benar]

5 Perhatikan Perawatan Mobil

Ketika sudah membeli mobil, hal lain yang harus diperhatikan adalah bagaimana merawatnya. Selain memperpanjang masa guna mobil, merawat kendaraan juga diperlukan untuk memastikan agar kendaraan Anda selalu nyaman ketika dikendarai.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik