Formula E.jpg

Imbas Corona, Formula E di Jakarta Ditunda

Rabu, 11 Maret 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Penyelenggaraan Formula E yang rencananya digelar pada 6 Juni 2020 di Jakarta resmi ditunda. Penundaan ajang balap mobil listrik ini berkaitan dengan imbas virus Corona (COVID-19) di Indonesia, khususnya Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melayangkan Surat Pemberitahuan Nomor 117/-1/857.73 yang ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix yang diberi keterangan Penundaan Formula E tertanggal 9 Maret 2020.

Dalam surat pemberitahuan tersebut tertulis, "Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya. Demikian pemberitahuan ini disampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih," demikian bunyi surat yang ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini.

[Baca Juga: Kejuaraan Daerah Jogja Sprint Rally Ramai Partisipan]

Formula E Jakarta.jpg

Selain ditujukan kepada Organizing Commitee Jakarta E-Prix, dalam surat itu juga ditembuskan kepada 15 pemangku kepentingan lain. Di antaranya kepada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, termasuk Ketua DPRD DKI Jakarta.

Seperti diketahui, Organizing Commitee Jakarta E-Prix telah mengumumkan Formula E Jakarta digelar pada 6 Juni 2020 dengan mengambil rute balapan di dalam kawasan (Monumen Nasional) Monas dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Persiapan ajang balap ini sedianya sudah dilakukan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara Formula E di Jakarta. Mereka telah melakukan pengaspalan lintasan balap di kawasan Monas pada awal Maret silam.

Lintasan balap tersebut rencananya akan sepanjang 2,6 kilometer. Rutenya melalui Jalan Medan Merdeka Selatan (dari arah Gambir menuju Patung Arjuna Wiwaha, belok kanan ke Jalan Silang Monas Barat Daya, masuk ke kawasan Monas, belok kiri ke sisi Barat, lalu putar balik, belok kiri ke sisi Selatan, keluar kawasan Monas melalui Jalan Silang Monas Tenggara, lalu kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

[Baca Juga: Regulasi Open Tire Agar Balap ETCC 2020 Semakin Marak]

Sementara sebelumnya, ajang Formula E Roma, Italia juga resmi dibatalkan akibat dampak dari virus Corona. Formula E dan Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) akhirnya memutuskan ePrix Roma yang dijadwalkan berlangsung pada 4 April 2020 mendatang resmi dibatalkan.