Pameran Otomotif IIMS.jpg

IIMS 2020 Ditargetkan Capai Transaksi Rp5 Triliun

Rabu, 12 Februari 2020 18:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 akan dihelat pada 9 - 12 April mendatang. Pada pameran kali ini, PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara menargetkan transaksi mencapai Rp5 triliun.

Seperti diungkap Project Manager IIMS 2020 Rudy MF, target tersebut bisa dibilang cukup realistis. Ini telah disesuaikan dengan pertimbangan tren industri otomotif Tanah Air sekarang, baik segmen roda dua maupun empat.

"Target tahun ini kami coba realistis. Kalau tahun lalu kan target kita di angka 4 triliun, ternyata bisa mencapai 5,2 triliun. Itu laporan dari APM, belum dari penjualan aftermarket dan lainnya," ujarnya pada saat konferensi pers IIMS 2020 di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Tahun ini IIMS juga akan dimeriahkan sejumlah program baru.

Menurut Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, capaian target transaksi tahun lalu adalah angka kejutan. Padahal, pada penyelenggaraan tahun lalu pihaknya hanya menargetkan total transaksi di angka Rp4,1 triliun.

"Pertanyaannya adalah ini anomali atau memang trennya bagus. Saya khawatir kalau ditetapkan target tahun ini terlalu tinggi, misal Rp5,5 trilun, tapi nyatanya kurang. Ini akan menjadi overpromise dan nggak bagus bagi kami sebagai perusahaan Tbk," ujar pria yang akrab disapa Kohen ini.

"Target Rp5 triliun adalah target yang menurut kami realistis dan cukup achievable. Syukur-syukur bisa lebih," tambahnya.

Untuk mencapai target penjualan tersebut, IIMS 2020 akan dikemas lebih menarik dari tahun sebelumnya. Dipastikan ada 20 Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan roda dua maupun empat yang siap meramaikan pameran yang digelar di JIExpo Kemayoran.

Untuk APM kendaraan roda empat ada 12 brand mobil yang dipastikan akan ramaikan IIMS 2020. Mereka di antaranya BMW, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mini, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Brand X, dan Wuling. Sedangkan untuk line up roda dua, ada AHM, Benelli, Electro, Kawasaki, Kymco, Royal Enfield, Viar, dan Yamaha.

"Jumlahnya ini belum final. Masih ada beberapa brand lagi yang belum bisa kami umumkan saat ini demi menghormati timeline promo masing-masing merek," kata Kohen.

[Baca Juga: 20 APM Dipastikan Ramaikan IIMS 2020, Ada Brand Kejutan]

Tak sekadar memamerkan kendaraan, IIMS 2020 juga akan dimeriahkan sejumlah program. Misalnya Infinite Programs yang siap menghadirkan penampilan artis lokal dan internasional. Program baru ini, akan menggabungkan unsur entertainment, experience, dan automotive.

Ada juga pameran Indonesia Boating Gathering, Indonesian Custom E-Moto Expo & Championship, dan IIMS Trade-in Festival. Sementara untuk harga tiket masuknya sendiri tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Harganya berkisar di angka Rp50 ribu hingga Rp70 ribu.