Pembukaan IIMS 2019.jpg

IIMS 2019 Resmi Dibuka Menperin Airlangga Hartarto

Kamis, 25 April 2019 14:00 | Galih Pratama

Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Airlangga Hartarto secara resmi membuka pameran otomotif terbesar di Tanah Air bertajuk Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Pameran otomotif tersebut berlangsung dari 25 April – 5 Mei 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Saya atas nama bapak Presiden Jokowi mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dyandra Promosindo atas terselenggaranya IIMS 2019," kata Airlangga dalam sambutan peresmian Telkomsel IIMS 2019 di Ballroom 1, JIExpo, Kemayoran, Kamis (25/4/2019).

[Baca Juga: Debut Global Suzuki New Carry Pick Up di IIMS 2019]

Menurutnya, event ini bukan hanya sekadar ajang atau pameran otomotif berskala internasional saja, tapi bisa menjadi media yang tepat sebagai ekosistem industri otomotif Tanah Air. “Ekosistem industri tersebut meliputi pada peningkatan kegiatan bisnis otomotif, edukasi inovasi otomotif, hingga ajang rekreasi keluarga,” ujarnya.

Sementara terkait produksi mobil Tanah Air, kata Airlangga, tahun lalu produksi mobil mampu mencapai 1,34 juta unit kendaraan roda empat. Sedangkan angka ekspor sekira 346 ribu unit di tahun yang sama. “Adanya pameran ini, saya berharap produksi mobil lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Terutama ekspor, saya berharap bisa mencapai di angka 400 ribu unit,” ujar Airlangga.

Diketahui, Telkomsel IIMS 2019 kali ini diikuti 36 brand otomotif roda dua dan empat. Dari segmen roda empat, brand yang ikut berpartisipasi adalah Audi, BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, Fin, Honda, Hyundai, Jeep, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling Motors.

[Baca Juga: Dipamerkan di IIMS 2019, Ini Harga Wuling Cortez CT dan Confero S ACT]

Sementara pada line up roda dua, terdiri dari brand Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Harley Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, Vespa, dan Gesits.

“Pada roda dua, dengan bangga kami hadirkan motor Gesits yang pertama kali diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia. Selain itu, kami juga tampilkan truk berukuran raksasa, yaitu Caterpillar 777E. Truk ini memiliki panjang 10 meter dan lebar hingga 6 meter dan tentunya acara menarik lainnya,” ujar Komisaris Utama Dyandra Promosindo Lilik Oetama.