ignition timing.jpg

IGNITION TIMING

Kamis, 31 Januari 2019 12:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Iginition timing merupakan kondisi di mana kendaraan dalam proses pemanasan. Proses tersebut termasuk salah satu sistem pengapian pada kendaraan. Cara perhitungan dari ignition timing sendiri terjadi saat busi mulai memantikkan api di ruang bakar, dengan waktu yang sama ketika piston memulai langkah kompresi.

[Baca Juga: Jangan Panik, Ini Cara Atasi Mesin Overheat]

Umumnya, proses ignition timing berkisar antara 5 hingga 15 derajat, sebelum titik mati atas dari RPM rendah. Perlu diketahui, lama proses pengapian tiap mesin tidaklah sama, tergantung dari spesifikasi standar pabrik pembuatnya. Dengan demikian, setiap mesin mempunyai standar waktu pengapian masing-masing, tetapi cara menghitung derajatnya tetap sama. Contohnya pada saat piston menuju titik mati atas, kemudian busi menimbulkan percikan api pada saat posisi piston 10 derajat sebelum mencapai titik nol derajat.

ignition timing.jpg

Cara memanaskan mobil yang benar, ternayata tak perlu lama-lama, cukup dua sampai tiga menit saja. Sebab kondisi mesin mobil saat ini sudah tergolong canggih, sehingga lebih cepat untuk dapat mencapai suhu idealnya.