Menyatukan Pencinta Mobil Mini Klasik 2

ICR Menyatukan Pencinta Mobil Mini Klasik

Rabu, 13 Februari 2019 10:00 | Galih Pratama

Siapa yang tak kenal dengan Mr. Bean? Hampir semua orang pasti pernah menonton tayangan komedi yang diperankan oleh Rowan Atkinson ini. Di beberapa adegan, Mr. Bean selalu menggunakan mobil classic mini berwana hijau. Mobil klasik ini memang cukup unik. Tak heran bila banyak pencinta otomotif di Tanah Air yang jatuh hati untuk mengoleksinya.

Saking banyaknya, sebagian pencinta mini klasik ini berinisiatif mendirikan komunitas mobil mini klasik. Salah satunya adalah Indonesia Coopret Registry (ICR). Seperti komunitas pada umumnya, ICR hadir bermula dari perkumpulan sesama pemilik mini klasik. Dari situ, muncul keinginan untuk mendirikan komunitas yang bertujuan menyatukan pemilik mini klasik. Tepat pada Oktober 2017, ICR diresmikan di Bali.

[Baca Juga: Honda Odyssey Community, Ajak Keluarga Kopdar Bareng]

“Awalnya kami hanya sebatas kopi darat (kopdar). Setelah itu, kami membuat touring dan bakti sosial. Hingga akhirnya kami berpikir untuk membuat komunitas secara lega lewat notaris. Deklarasi komunitas ini ditandai dengan touring Jakarta – Bali,” Roy Sunarso, Ketua Umum ICR, seperti dilansir dari laman gridoto.com pada Selasa (8/1/2019).

Menyatukan Pencinta Mobil Mini Klasik

Setahun berdiri, komunitas ini kini telah memiliki 150 anggota yang tersebar di enam chapter. Di antaranya ICR chapter Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Samarinda, dan Bali. Sedangkan latar belakang anggotanya sendiri sangat beragam. Mulai dari mahasiswa, pengusaha, dan lainnya.

Menariknya, ICR tak mewajibkan anggotanya untuk memiliki mobil mini klasik. “Jadi, bukan soal kepemilikan mobil, tapi yang terpenting adalah kecintaan terhadap mini klasik. Hanya ada sekira 40 persen yang memiliki mobil mini klasik di sini. Sisanya justru nggak punya,” kata Roy.

Dia mengklaim bahwa hampir 100 persen member di ICR adalah pencinta atau suka mobil jadul. Ada yang mengoleksi BMW, Mercy, Fiat, dan lainnya. “Komunitas ini bisa dibilang menyatukan para pencinta mini klasik, baik yang berusia muda hingga tua,” ujarnya.

[Baca Juga: Melongok Koleksi Mobil Klasik Ciamik Uya Kuya]

Menyatukan Pencinta Mobil Mini Klasik 3

Di sisi lain, komunitas ini juga rutin menggelar berbagai kegiatan. Terbaru, mereka sukses menggelar Indonesia Mini Day 2018 di QBiq BSD City pada pertengahan Desember 2018. Acara ini merupakan ajang kumpul pencinta mobil mini klasik di Tanah Air.