HINO.jpg

Hino Kenalkan Truk Berteknologi Hybrid di GIIAS 2019

Senin, 22 Juli 2019 10:00 | Inggil Yustiar

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) turut memeriahkan acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang diselenggarakan di BSD, Tangerang. Bukan tanpa alasan HMSI meramaikan pagelaran otomotif tersebut. kehadiran HMSI pada GIIAS 2019 tersebut untuk mengenalkan kepada masyarakat Hino Dutro berteknologi hybrid.

Presiden Direktur PT HMSI, Hiroo Kayanoki mengatakan, bahwa munculnya truk berteknologi hybrid tersebut merupakan yang pertama di dunia. Awalnya riset dilakukan pada 1976 hingga memunculkan generasi pertama kendaraan komersial hybrid pada 1991.

“Semangat kami sangat tinggi untuk terus menciptakan kreasi. Oleh Karena itu Hino terus meningkatkan efisiensi kendaraan untuk terus menjadi lebih baik, termasuk salah satunya yang ditampilkan dalam GIIAS 2019 kali ini, yakni Hino Dutro Hybrid,” ujar Hiroo Kayanoki, Jumat (19/7).

Kelebihan utama yang dimiliki pada Hino Dutro Hybrid terbaru ini terletak pada dapur pacunya, yakni diesel electric hybrid. Hino mengklaim bahwa truk berteknologi canggih ini nantinya akan hemat bahan bakar. Tepatnya pada angka 13,6km/liter. Karena adanya teknologi sistem hybrid yang bekerja saat deselerasi atau dalam keadaaan idle. Dengan begitu baterai akan memberikan tenaga motor hybrid yang membuat konsumsi bahan bakar cukup hemat.

Biarpun menghemat konsumsi bahan bakar, pihak Hino juga mengklaim tenaga yang dikeluarkan juga besar. Hal itu karena adanya mesin turbocharge intercooler NO4C dan kombinasi HV motor. Tenaga yang dikeluarkan pun mampu menyentuh angka 148tk pada 2.500rpm dan torsinya 411,8Nm.

Sedangkan kapasitas baterai Hino truk hybrid ini menggunakan baterai NiMH yang memiliki daya dan kehandalan yang tinggi ketika berakselerasi. Disematkannya pula Power Control Unit (PCU) yang merupakan gabungan ECU, inverter, serta baterai yang mendukung sehingga performa truk menjadi lebih baik.

[Baca Juga: Toyota Supra Akan Diluncurkan di GIIAS 2019?]