Hindari Tiga Kebiasan ini Agar Kopling Tidak Mudah Rusakjpg

Hindari Tiga Kebiasan ini Agar Kopling Tidak Mudah Rusak!

Kamis, 31 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Untuk Anda pemilik mobil bertransmisi manual, pasti tidak asing dengan kopling. Sistem ini berbeda dengan mobil matik yang hanya memiliki pedal gas dan rem saja. Oleh karena itu, mobil manual membutuhkan perhatian lebih, khususnya pada bagian pedal seperti rem, gas, dan kopling.

Sebagai salah satu komponen penting untuk menjalankan mobil, kopling memiliki beberapa bagan yang harus rajin dirawat. Bagan-bagan tersebut seperti pedal kopling, kampas kopling, kabel kopling, plendes, dan druk laher. Apabila terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut, maka mobil Anda tidak bisa berjalan dengan baik, sehingga dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

Dengan demikian, ada beberapa faktor yang membuat kopling mobil Anda rusak. Seperti yang dilansir dari gridoto.com, berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari agar kopling mobil tidak mudah rusak:

  1. Menginjak Setengah Kopling
Menginjak setengah kopling.jpg

Kebiasaan ini banyak dialami oleh pengemudi di kota-kota besar, yang sering terkena macet. Tidak hanya saat macet saja, ada beberapa pengemudi yang melakukan kebiasaan ini saat berada di tanjakan. Ternyata kebiasaan menginjak setengah kopling dapat membuat rusak mobil. Hal tersebut bisa diketahui ketika munculnya bau menyengat pada gas. Kemungkinan besar, bau menyengat itu karena semakin tipisnya kampas kopling.

2. Melepas dan Menginjak Kopling dengan Kasar

Menginjak kopling secara kasarjpg

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh sebagian pengemudi ini juga berbahaya. Tanpa disadari, saat menginjak dan melepas pedal kopling dengan kasar, secara perlahan hal itu merusak komponen kopling. Ini disebabkan karena saat melepaskan pedal kopling, trasnmisi mobil belum berpindah dan akan terdenganr bunyi kasar pada kopling

3. Menggantung Pedal Kopling

Menggantung pedal koplingjpg

Sama halnya dengan menginjak setengah kopling, menggantungkan pedal kopling juga berbahaya. Hal tersebut dapat memicu adanya gesekan pada kampas kopling, dan mengakibatkan kopling cepat aus.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik