Mobil Bekas Banjir.jpg

Hindari Merugi, Kenali Dulu Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir

Kamis, 9 Januari 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Membeli mobil bekas memang menjadi solusi sebagian orang dengan budget terbatas. Untuk mendapatkan mobil bekas pun sangat mudah ditemui, baik di dealer mobil bekas atau secara online. Meski mudah, Anda tetap harus teliti untuk memilih dan membelinya.

Terlebih, saat ini banyak kasus mobil yang terendam banjir. Sebagian pemilik mobil tersebut memilih untuk menjualnya. Nah, kondisi ini tentu harus menjadi perhatian bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas.

Sebelum membeli, ada baiknya kenali dulu ciri-ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir. Apa saja ciri-cirinya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri mobil bekas banjir:

1. Bau Tidak Sedap

Tampilan luar mobil bisa saja biasa saja, tapi ketika masuk ke dalam interior mobil, Anda bisa temui sejumlah ciri-ciri mobil tersebut pernah terendam banjir. Biasanya, bagian interior mobil akan tercium bau tidak sedap seperti apek. Bau ini disebabkan oleh bagian yang basah dan susah dibersihkan secara tuntas.

Biasanya sang pemilik mobil menyamarkan bau apek dengan menyemprotkan parfum interior secara berlebihan. Hal ini yang mesti diteliti benar oleh Anda ketika ingin membeli mobil bekas.

2. Endapan Kotoran

Ciri lainnya adalah kotoran yang mengendap di sejumlah bagian interior mobil. Meskipun sudah dibersihkan, diyakini masih ada beberapa bagian kotor yang terlewatkan. Biasanya kotoran atau lumpur bisa dijumpai pada sudut dan sela interior.

Bagian yang perlu diperhatikan adalah karpet, lubang kisi-kisi AC, sudut panel, dan kabel di belakang dasbor, penutup speaker, sela-sela, dan rel jok. Bagian-bagian tersebut biasanya masih tertinggal kotoran pasca mobil terendam banjir.

[Baca Juga: Segini Biaya Jasa Membersihkan Interior Mobil Akibat Banjir]

3. Kerusakan Elektronik

Salah satu komponen yang paling rentan rusak saat mobil teremdam adalah kelistrikan. Untuk itu, calon pembeli harus teliti untuk memeriksa fungsi perangkat elektronik. Mulai dari lampu, audio, AC, wiper, dan perangkat elektronik lainnya.

Selain itu, pastikan juga lampu indikator Electric Power Streering (EPS) pada dasbor tidak menyala. EPS merupakan komponen elektrik yang sering rusak pada mobil bekas banjir.

4. Karat

Umumnya, mobil bekas banjir akan mengalami karat dan korosi. Untuk itu, periksa seluruh bodi dan kolong mobil. Sebab, dua bagian tersebut yang biasanya mengalami karat. Sementara untuk bagian interior, karat biasanya terlihat pada bagian jok mobil dan pedal.

5. Kerusakan Mesin

Mesin tentu menjadi hal yang krusial diperiksa sebelum membeli mobil bekas banjir. Pertama, pastikan atau periksa warna oli di dalam mesin tersebut. Apabila warnanya cokelat keputihan, itu artinya bahwa air pernah masuk ke dalam mesin.

[Baca Juga: Nekat Nyalakan Mesin Mobil Habis Terendam Banjir, Ini Akibatnya]

Lalu, Anda juga harus perhatikan suara mesin mobil. Suara mesin yang belum diperbaiki setelah banjir akan terdengar lebih kasar dari normal.

Demikian 5 ciri-ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir. Anda sebagai calon pembeli mobil bekas, sejatinya harus memperhatikan ciri-ciri tersebut sebelum membeli. Jangan sampai Anda yang merogok kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.