Hill Descent Control.jpg

Hill Descent Control

Kamis, 24 Januari 2019 16:00 | Galih Pratama

Hill Descent Control (HDC) adalah salah satu fitur yang melakukan pengontrolan kecepatan otomatis terutama saat mobil menuruni bukit terjal. Tekanan pedal gas dan rem secara otomatis yang akan diatur oleh HDC.

Sistem kerja HDC ditunjang oleh traction control (TC), anti-lock braking system (ABS), serta wheel speed sensor. Masing-masing komponen tersebut memberikan sinyal terkait kecepatan putaran ban sehingga ban mendapatkan cengkraman yang ideal, serta tak kehilangan traksi saat melintasi jalan menurun. Fitur HDC umumnya disematkan pada mobil jenis Sport Utility Vechile (SUV). Mobil tersebut di antarannya BMW X3 dan Chevrolet Trax.

[Baca Juga: Engine Control Unit]

Hill Descent Control.jpg

Cara Kerja

Fitur HDC diaktifkan dengan cara menekan tombol berlambang sebuah mobil yang sedang melewati turunan. Letak tombol umumnya berada di sekitar konsul tengah atau tuas transmisi.

Ketika diaktifkan, pedal gas dan rem secara otomotis akan diatur dalam komputer mobil. Komputer mobil ini juga akan mengatur empat roda mobil agar tetap memiliki daya cengkram jalan yang baik. Mobil akan menuruni bukit dengan perlahan tanpa takut tergelincir atau kehilangan traksi.

Referensi : detik.com, gridoto.com, today.line.me