Hibrida.jpg

HIBRIDA

Rabu, 30 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Kendaraan Hibrida atau hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Penggabungan antar sebuah mesin pembakaran dalam dengan aliran listrik, biasanya mengacu pada sebuah mobil yang juga memiliki baterai sebagai sumber tenaga. Terdapatnya dua tenaga, menjadikannya salah satu sumber daya utama dan satu lainnya berfungsi sebagai cadangan. Ada pula sebuah kendaraan yang hanya menggunakan baterai sebagai sumber utama dalam situasi tertentu.

hybrid.jpg

Cara Kerja

Pada umumnya mobil hybrid bekerja dalam berbagai cara. Mudahnya dasar mobil ini bekerja didukung oleh mesin bensin, tetapi juga menyimpan charge pada sebuah baterai. Kebanyakan mobil hybrid juga mengisi baterai dengan menggunakan energi regenerasi yang diambil melalui sistem pengereman. Biasanya mobil hibrida akan beralih antara bensin atau tenaga baterai tergantung situasi yang diperlukan. Misalnya, ketika adanya permintaan minimal pada mesin, mobil ini mungkin berhenti menggunakan bensin kemudian beralih memanfaatkan tenaga baterai.

Cara-Kerja-hybrid.jpg

Kelebihan

Kelebihan pada mobil hibrida dianggap banyak orang menjadi alternatif yang baik untuk kendaraan konvensional. Sebab dengan adanya teknologi ini dapat menghemat bensin. Banyak dari mobil hibrida sendiri memiliki efisiensi bensin dua kali lipat dari mobil konvensional. Sehingga dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan bagi pengguna. Selain itu mobil dengan teknologi ini juga ramah lingkungan selama penggunaan, karena mobil hibrida sendiri membakar sedikit bahan bakar.

mobil-konvensional.jpg

[Baca Juga: Deretan Mobil Hybrid Berteknologi Canggih]

Sejarah

Apabila mobil hybrid belakangan ini sedang gencar-gencarnya dibicarakan media sebagai solusi ramah lingkungan, faktanya teknologi hybrid bukannlah sebuah teknologi baru. Sejak tahun 1902, seorang pria bernama Ferdinand Porsche menciptakan mobil bermesin hybrid seutuhnya yang diberi nama ‘Mixte’. Mobil hybrid pertama ini memiliki dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. Pada tahun 1997, mobil hybrid komersial pertama pun diproduksi oleh salah satu brand mobil ternama yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun itu.

Mobil-hybrid-pertama-ini-memiliki-dua-mesin.jpg

Manfaat

Selain diketahui dapat mengurangi polusi hingga sebesar 90%, mobil hybrid juga diketahui memiliki biaya perawatan yang lebih murah karena biaya perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional. Meskipun memiliki harga baterai yang lebih mahal, masa hidup dari baterai tersebut memiliki garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup. Sehingga jika Anda ingin menjadikan mobil ini sebagai investasi, harga penjualannya tidak banyak berubah. Mobil hybrid juga memiliki suara yang hampir sama sekali terdengar dan juga sangat nyaman dikendarai. Bahkan ketika Anda sedang terjebak macet, maka mesin akan secara otomatis mati dan mobil akan dijalankan menggunakan energi baterai yang sudah disimpan.

menyimpan-charge.jpg

Contoh Mobil Hibrida di Indonesia

  1. All New Camry 2.5 Hybird
  2. Toyota Alphard
  3. Nissan Xtrail Hybird
  4. Lexus ES300 H
  5. Honda CR-Z

Toyota-Alphard.jpg