pedal-kopling.jpg

Hentikan Kebiasaan Kaki Menempel di Pedal Kopling

Kamis, 25 Oktober 2018 8:00 | Galih Pratama

Mengendarai mobil dengan transmisi manual memang punya tantangan tersendiri bagi sebagian pengemudi. Intensitas pergerakan anggota tubuh, seperti tangan dan kaki lebih banyak dibanding dengan mobil bertransmisi matic. Sehingga, banyak pengemudi yang terlena mengistirahatkan anggota tubuh mereka pada kondisi yang tidak dianjurkan.

Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan adalah sering meletakkan kaki kiri di atas pedal kopling. Hal tersebut biasa dilakukan saat setelah mengganti gigi ataupun menyiapkan kaki untuk terus stand by. Kebiasaan buruk ini nyatanya berpengaruh terhadap keselamatan Anda saat mengemudi.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

Seperti dilansir dari detikoto pada Rabu (24/10/2018), kebiasaan tersebut bisa berdampak mobil hilang kendali. Pasalnya, bagi pengemudi yang kakinya terbiasa injak pedal kopling, mereka akan cenderung refleks menginjak pedal kopling terlebih dahulu dibanding pedal rem saat melakukan pengereman. Khususnya, pada saat mereka kaget atau setiap kali ingin berhenti.

Otonews-Hentikan-Kebiasaan-Kaki-Menempel-di-Pedal-Kopling-Galih.jpg

Pada saat pedal kopling diinjak, justru akan membuat kondisi laju kecepatan mobil ‘menggelosor’. Tak ayal, beban mobil makin lebih berat ketika akan melakukan pengereman. Teknik pengereman yang benar adalah menginjak pedal rem lebih dahulu. Baru setelah revolusi per menit (rpm) mesin turun, dilanjutkan dengan menginjak pedal kopling mobil.

Selain dari sisi keselamatan, kebiasaan injak pedal kopling berpengaruh juga terhadap daya tahan kopling. Sebab faktanya, banyak meletakkan kaki di atas pedal kopling akan menyebabkan kampas cepat ‘aus’.

Seperti yang diungkapkan oleh Rifat Sungkar, Pendiri Rifar Drive Labs. Menurutnya kebiasaan tak memindahkan kaki dari pedal kopling ketika mengganti gigi merupakan kesalahan fatal. Pasalnya, tanpa disadari akan membuat kampas kopling mobil cepat ‘aus’.

“Itu salah total, karena kalau tanpa sengaja terinjak bila giginya makin tinggi, pedal kopling keinjek sedikit saja sebetulnya bisa menganggu tingkat keausan kopling,” kata pereli nasional ini seperti dilansir kumparan.com, pada Rabu (24/10/2018).

[Baca Juga: Bahaya Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan Angin]

Lanjutnya, masalah lain yang diakibatkan menginjak pedal kopling adalah akan membuat hilangnya tenaga mobil. Tanpa kita sadari, ketika kopling mulai ‘aus’, tenaga mobil tidak sempurna walaupun sudah menginjak gas dalam-dalam. Bisa juga mengakibatkan perpindahan gigi menjadi selip.

Cara melepas kopling saat berkendara juga berpotensi besar menggerus kanvas kopling, terutama pada saat berpindah gigi. Selintas persoalan ini terlihat sepele, namun memiliki efek yang sangat besar. Untuk itu, Anda harus berhati-hati atau pelan-pelan saat melepas pedal kopling saat melakukan proses pemindahan gigi. Apabila dilepaskan begitu saja, akan terjadi hentakan. Hentakan itulah yang mengakibatkan gesekan kanvas kopling yang keras. Jika terjadi berulang-ulang, maka kanvas kopling akan cepat menipis.

Menggantung pedal koplingjpg

Di sisi lain, saat berkendara, posisi kaki kiri sebenarnya tak perlu selalu diletakkan di atas pedal kopling. Tapi bisa diletakkan di footrest. Satu alasan kebanyakan pengemudi selalu meletakkan kaki kiri di atas pedal kopling adalah mencegah mobil mati mendadak saat berkendara dalam kecepatan rendah.

Sebenarnya, sepanjang tak pernah panik dan memahami kondisi mobil, Anda tak perlu sampai meletakkan kaki kiri di atas pedal kopling dalam kecepatan rendah. Untuk itu, pengemudi harus memahami betul kondisi mobil. Seorang pengendara harus mengecek terlebih dahulu kondisi mobil saat mulai perjalanan. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah memajukan atau memundurkan mobil untuk mengecek kondisi pedal, kopling, rem, dan gas. Itu dilakukan untuk merasakan kedalaman kopling. Karena meskipun satu merek dan produksi, ada kemungkinan berbeda.

Artikel Lainnya

/media/images/fiona-1.original.jpg

FIFGROUP Hadirkan Fiona Sebagai Kanal Digital Baru

/media/images/yaris-gr4-4.original.jpg

Sosok Toyota GR Yaris Mulai Terkuak