Hanya-Beli-Sepasang-Ban,-Dipasang-di-Depan-atau-Belakang-2.jpg

Hanya Beli Sepasang Ban, Dipasang di Depan atau Belakang?

Minggu, 17 Februari 2019 15:00 | Galih Pratama

Salah satu komponen vital dalam sebuah kendaraan adalah ban. Saking pentingnya, kondisi ban wajib mendapatkan perhatian ekstra. Selain membuat nyaman, kondisi ban yang baik juga akan menjaga keselamatan saat berkendara.

Sayangnya, untuk membeli satu set ban (4 ban) membutuhkan biaya yang tak sedikit. Ini pula yang menyebabkan sebagian pemilik kendaraan ada yang menunda pergantian ban secara menyeluruh. Mereka menyiasatinya dengan mengganti ban sepasang saja. Lalu, pada posisi mana sepasang ban tersebut idealnya ditempatkan?

Banyak pemilik mobil memosisikan ban baru ditempatkan untuk bagian depan, karena dianggap mampu memberikan pengendalian maksimal. Ternyata anggapan tersebut salah.

[Baca Juga: Bahaya Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan Angin]

“Untuk pemasangan ban baru (sepasang) sebaiknya dipasang di bagian belakang. Karena ban belakang tidak dalam kendali pengemudi, sehingga saat kehilangan traksi jauh lebih sulit dikendalikan,” ungkap Zulpata Zainal, perwakilan dari PT Gajah Tunggal Tbk (GT) seperti dilansir dari laman inews.id pada Selasa (15/1/2019).

Oleh karenanya, lanjut Zulpata, ban belakang memerlukan cengkraman kuat. Apabila ban sudah aus, bisa menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan. Bahkan, diyakini bisa dengan mudah tergelincir. “Untuk itu, jika Anda membeli dua ban saja, sebaiknya atau utamakan dipasang di bagian belakang saja,” tambahnya.

Sementara pada ban depan, lanjutnya, hal yang kerap terjadi adalah mengalami kehilangan traksi yang menimbulkan efek understeer (posisi di mana pengemudi kehilangan kendali yang disebabkan oleh kurangnya daya cengkram ban depan). Namun, kata Zulpata, kondisi tersebut masih bisa dikendalikan atau tangani oleh pengemudi.

[Baca Juga: Understeer]

Di sisi lain, dalam memilih ban mobil juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya ban untuk kebutuhan kompetisi tentu berbeda dengan ban untuk kebutuhan harian Anda. Selain itu, perhatikan juga kualitas ban, tipe dan ukuran ban yang tepat, anjuran para ahli, dan tentunya pertimbangan harga.