Cat Mobil Rusak.jpg

Hal Sepele Ini Bisa Sebabkan Cat Mobil Rusak

Senin, 5 Agustus 2019 17:00 | Galih Pratama

Memiliki mobil dengan bodi mulus dan mengilap, tentunya jadi idaman semua orang. Namun, seiring dengan pemakaian, kadang cat mobil bisa pudar atau bahkan rusak. Banyak faktor memang yang bisa merusak cat mobil. Selain karena kecelakaan, cat mobil bisa rusak karena hal-hal yang dinilai cukup sepele.

“Cat mobil bisa rusak tak selalu dikarenakan kecelakaan. Cat mobil rusak juga bisa disebabkan hal lain, salah satunya adalah kotoran binatang seperti burung,” kata Dani Haryono, Sales Manager Henkel Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Dani, kotoran binatang yang menempel pada cat bisa sangat berbahaya apabila tidak dibersihkan dengan cepat. Pasalnya, jika dibiarkan berlarut atau lama dibersihkan, kotoran binatang seperti burung atau serangga lainnya akan menyerap ke dalam lapisan cat.

“Kelihatannya sepele, tapi sangat berbahaya bagi cat mobil. Makanya, usahakan kotoran burung harus cepat-cepat dibersihkan. Kalau sudah menyerap ke cat, sudah tak bisa dihilangkan lagi. Mau tak mau harus cat ulang,” ungkap pria berkacamata ini.

[Baca Juga: Tips Agar Mobil Selalu Mengilap ala Shopee]

Selanjutnya, penyebab lain cat mobil rusak adalah teknik dan pemilihan alat mencuci mobil. Terutama saat mencuci di tempat pencucian mobil. Menurutnya, tanpa kita ketahui pasti pemakaian busa dan lap di tempat pencucian umum bisa merusak cat mobil kesayangan Anda.

“Biasanya soal pemakaian busa yang rutin dibersihkan atau tidak. Terus, lap microfiber-nya. Microfiber atau kain biasanya. Sebab, kalau kain biasa kan biasanya hanya dibilas dan dijemur, lalu dipakai lagi. Hal ini biasanya masih menyisakan banyak sisa debu dan kotoran yang bisa merusak,” ungkap Deni.

Selain itu, lanjut Dani, butiran atau serpihan aspal yang menempel saat di jalan juga bisa menyebabkan lapisan cat menjadi rusak. Terutama melaju di jalan yang baru diaspal. “Aspal yang menempel kalau tidak dibersihkan, pastinya susah dibersihkan dan akan merusak cat mobil,” tambah Dani.

Lapisan Cat Mobil

Seperti diketahui, cat mobil memiliki beberapa lapisan yang harus diketahui. Menurut Dani, jika dilihat dari permukaan dasar cat, lapisan paling atas cat mobil dinamakan clear coat. Masih menurutnya, jika terdapat kotoran yang menempel pada lapisan ini diklaim masih bisa dibersihkan.

[Baca Juga: Teroson WX 180, Solusi Poles Cat Mobil Mudah dan Murah]

Namun, pada lapisan cat selanjutnya seperti base coat, filler, premier, dan lapisan cat paling dalam adalah bare metal, kotoran yang telah menyerap sepertinya sulit untuk dibersihkan atau ditangani. Jalan keluarnya adalah mobil harus cat ulang.

“Kalau kotoran sudah sampai atau meresap lapisan dalam cat, mau tak mau harus cat ulang. Tak bisa dibersihkan lagi dengan produk apapun,” ujar Dani.

Untuk itu, ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan cat mobil Anda. Jika ada kotoran binatang ataupun lainnya, segera mungkin untuk dibersihkan.

Artikel Lainnya

/media/images/Ilustrasi_Kaca_Film.original.jpg

Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil

/media/images/Transmisi_Otomatis.original.jpg

Tiga Hal Sepele Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

/media/images/Filter_Oli.original.jpg

Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli

/media/images/Ilustrasi_ban_mobil.original.jpg

5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti