Hyundai Grand Santa Fe.jpg

Hadir dengan Fitur Baru, Berikut Spesifikasi Hyundai Grand Santa Fe

Jumat, 22 Februari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

PT Hyundai Mobil Indonesia resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni Hyundai Grand Santa Fe. Dilansir dari Carmudi (20/2/2019), generasi keempat Santa Fe itu pertama kali hadir di Indonesia pada Agustus 2018, bersamaan dengan acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Versi baru Santa Fe ini diproyeksikan menjadi varian SUV dengan fitur lengkap. Hyundai sendiri meluncurkan Grand Santa Fe sebagai versi penyempurnaan dari pendahulunya. Penambahan fitur ini berupa hiburan, keselamatan dan keamanan.

[Baca Juga: Melihat Desain Hyundai All New Santa Fe yang Ciamik]

“Sejak diluncurkan pertama kali di Indonesia di ajang GIIAS 2018 lalu dan mendapatkan penghargaan sebagai ‘1st Winner Favorite Passenger Car’ dari pengunjung pameran GIIAS 2018. All New Santa Fe telah mendapatkan respon positif dari konsumen maupun media. Namun, untuk memenuhi kebutuhan di segmen premium, kami hadirkan The Grand Santa Fe yang telah memiliki fitur-fitur terbaik di kelas SUV,” ujar Mukiat Sutikno, President Director PT HMI seperti dikutip Carmudi.

Mesin

Mesin Hyundai Grand Santa Fe.jpg

Berbicara soal mesin sebagai mobil SUV, varian terbaru Hyundai ini memiliki performa mesin yang bisa diandalkan. Jika pada All New Hyundai Santa Fe punya dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Pada varian terbaru Santa Fe dibekali dengan mesin diesel R 2.200 cc CRDi EVG Turbo dengan transmisi Automatic Shiftronic-8 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 190 dk di 3.800 rpm dan torsinya 442 Nm dari 1.750-2750 rpm.

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan

Demi menunjang keselamatan pengemudi dan seluruh penumpangnya, Santa Fe menambahkan beberapa fitur terbarunya pada segi keselamatan. Jika pada varian sebelumnya hanya dilengkapi dengan dua buah airbag, pabrikan Hyundai ini menyematkan enam buah airbag yang tersebar di depan, samping, pilar, hingga pada tepian kursi depan.

Air Bag Hyundai Grand Santa Fe.jpg

Varian terbaru Santa Fe juga mengaplikasikan dua sudut kamera belakang. Kamera belakang ini tidak hanya berfungsi sebagai sensor parkir saja, tetapi juga bisa diaktifkan ketika berjalan. Pada saat tuas transmisi ada di D atau N, dan pengemudi mengaktifkan tombol view pada konsol tengah, tampilan kamera belakang bisa tampil sebagai penambah keamanan saat berkendara.

Turut hadir pula spion elektrokromatik, yang berfungsi untuk membiaskan sinar lampu langsung agar tidak menyilaukan pengemudi.

Kursi Depan Hyundai Grand Santa Fe.jpg

Begitu juga dengan bagian bagasi mobil, model ini menyematkan pintu bagasi otomatis dengan sebutan Smart Power Trailgate. Selain itu, tambahan juga disematkan pada kursi. Pengaturan kursi dapat dilakukan secara elektrik pada kursi penumpang depan dan tombol power tailgate.

Fitur Hiburan

Pada bagian hiburan varian terbaru Santa Fe hadir dengan head unit layar sentuh, dengan dilengkapi fitur Aux, USB, iPod dan Bluetooth dengan Voice Recognition dan Voice Memo Function. Sistem audio pun bisa dijalankan melalui sambungan Android Auto dan Apple CarPlay.

Spedometer Hyundai Grand Santa Fe.jpg

Tidak hanya sebagai hiburan, sistem terbaru pada Santa Fe ini juga dapat menampilkan informasi secara analog atau digital untuk pengemudi. Informasi tersebut ditampilkan melalui layar panel instrument,

Harga

Hyundai Grand Santa Fe.jpg

Bicara soal harga The Grand Santa Fe varian terbaru Hyundai ini dibanderol seharga Rp629,5 juta selisih Rp52,5 juta dengan tipe XG yang jadi varian di bawahnya.

Untuk lebih lengkapnya ini harga varian all new Santa Fe:

The Grand Santa Fe Rp629,5 juta

XG CRDi Rp577 juta

XG Gasoline Rp528 juta

GLS CRdi Rp557 juta

GLS Gasoline Rp507 juta