Habis-Diguyur-Hujan,-Mobil-Sebaiknya-Segera-Dicuci-2

Habis Diguyur Hujan, Mobil Sebaiknya Segera Dicuci

Minggu, 17 Februari 2019 17:00 | Galih Pratama

Guyuran air hujan yang menerpa bodi mobil Anda berpotensi menimbulkan masalah. Efek dari air hujan bisa menimbulkan bercak putih pada cat mobil. Bahkan efek panjangnya, bodi mobil kesayangan Anda bisa mengalami korosi.

Seperti dikatakan Technical Service Executive PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, air hujan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Apabila mobil pasca diguyur hujan tak segera dicuci maka akan berpotensi timbulnya karat pada bodi mobil.

“Kandungan asam atau garam itu dapat merusak komponen kendaraan khususnya di bawah bodi, dengan adanya pembilasan dari air yang dari rumah, maka kemungkinan kerusakannya menjadi semakin kecil," kata Anjar, dilansir dari tribunnews.com pada Rabu (16/1/2019).

[Baca Juga: Rain Sensor]

Hal yang sama juga diungkapkan Ade Lesmana, Technical Advisor Otogard. Dia mengatakan apabila mobil habis terguyur hujan, ada baiknya segera dibilas. Tujuannya agar air hujan yang mengandung asam itu bisa turun dari bodi mobil.

“Jika tak segera dibilas, banyak kotoran berbahaya yang nempel di bodi mobil. Bahkan bisa timbul jamur dan cat mobil jadi kusam. Untuk itu, minimal dibilas, dikeringkan buat jaga kondisi mobil tetap mulus, biar lebih awet,” ujar Ade, seperti dikutip dari laman oto.detik.

Mencuci mobil pasca diguyur hujan pun tak bisa dilakukan sembarangan. Ada teknik-teknik khusus agar mobil kembali bersih dan tak meninggalkan baret halus di permukaan cat.

Dilansir dari autos.id, hal pertama yang didahulukan dalam mencuci mobil setelah diguyur hujan adalah bagian bawah mobil. Mulailah mencuci dari kaki-kaki, ban, velg, serta kolong mobil. Siram kaki-kaki mobil dengan air dalam jumlah banyak agar pasir atau kotoran yang tersembunyi hilang. Jangan lupa digosok-gosok dengan busa yang telah tercampur sabun khusus.

Setelah kaki-kaki mobil dirasa bersih, siram bagian atap mobil. Kemudian gosok permukaan atap mobil dengan sampo. Lalu, bilas kembali dengan air mengalir hingga busa sampo benar-benar hilang.

Lakukan tahapan tersebut ke bagian bodi, kap mobil, dan kaca-kaca. Perlu diperhatikan, hindari menggosok bodi mobil tanpa air mengalir, karena bisa menimbulkan baret permukaan cat mobil.

[Baca Juga: Cara Mudah Atasi Baret pada Bodi Mobil]

Jika semua tahapan tersebut dilakukan, segera keringkan dengan lap. Pastikan lap sedikit basah atau tidak terlalu kering. Selamat mencoba.