Otolibrary-Grill.jpg

Grill

Rabu, 30 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Tidak banyak orang tahu benda yang terletak pada bagian depan mobil. Hal tersebut terasa wajar, sebab ukuran dari benda ini kecil. Meskipun kecil, ternyata mempunyai banyak manfaat. Benda kecil tersebut adalah grill.

Grill sendiri mempunyai fungsi untuk membantu sirkulasi udara pada mesin serta membantu proses pendinginan pada radiator. Dengan demikian grill mampu membantu mengurangi temparatur yang tinggi pada mesin. Fungsi ini membuat grill jadi komponen penting. Sebab jika tidak adanya grill, maka temperatur pada mobil akan tinggi sehingga bisa merusak mesin.

Bahaya-Mengganti-Grill.jpg

Bahaya Mengganti Grill

Sebagai salah satu komponen yang paten pada pabrikan mobil, banyak orang ingin mengganti desain dari grill mereka. Namun tanpa disadari, mengganti grill bawaan pabrikan mobil dengan grill aftermarket dapat membahayakan kinerja mesin mobil. Desain yang baik pada grill sendiri haruslah sesuai dengan standarisasi pabrikan. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sebab, jika bentuk grill terlalu kecil, otomatis sirkulasi udara terhambat sehingga aliran udara tidak berputar optimal. Terlebih jika desain grill pada aftermarket. Pada umumnya desain tersebut memang mampu menyalurkan udara lebih ke ruang mesin, namun grill tersebut dapat mengurangi nilai aerodinamika sehingga udara tidak mampu dialihkan dengan baik.

Pengertian-grill.jpg

[Baca Juga: Kondensor]