GPS.jpg

GPS

Rabu, 30 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

GPS merupakan singkatan dari Global Position System. Ini merupakan sistem navigasi yang menggunakan satelit. Sistem ini dikembangkan dan dioperasikan di bawah Pemerintah Amerika Serikat. GPS didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan. Tujuannya agar dapat mengetahui keberadaan suatu objek di mana pun keberadaan objek tersebut, dan tidak terpengaruh pada kondisi apapun.

Alat untuk menerima sinyal satelit dari GPS tersebut dinamakan GPS Tracker atau disebut pula GPS Tracking. Dengan menggunakan alat ini, maka sang pemakai GPS dapat melacak posisi kendaraan, armada, ataupun barang lainnya yang dipasang GPS dalam keadaan real time.

Fungsi GPS sendiri untuk pengendara mobil adalah menunjukan lokasi yang ingin dituju, ketika sang pengendara sendiri tidak mengetahui lokasi tersebut. Sehingga, bisa dibilang bahwa GPS juga menjadi pelengkap yang mempunya kegunaan cukup penting.

[Baca Juga: Back Sonar System]

GPS-2.jpg

3 Segmen GPS

Segmen Angkasa

Segmen ini merupakan stasiun radio di angkasa yang dilengkapi dengan antena untuk mengirim dan menerima sinyal gelombang. Segmen angkasa terdiri dari 24 satelit yang beroperasi dalam 6 orbit dan inklinasi 55 derajat dengan periode 12 jam. Sinyal yang diterima dan dikirim menerima sinyal gelombang. Selanjutnya sinyal diterima oleh receiver GPS dipermukaan bumi dan digunakan untuk penentuan posisi, kecepatan maupun waktu. Selain itu satelit tersebut juga dilengkapi dengan peralatan untuk mengontrol tingkah laku satelit, serta sensor-sensor untuk mendeteksi peledakan nuklir dan lokasinya.

Segmen Sistem Kontrol

Sistem kontrol ini berfungsi untuk mengontrol dan memantau operasional satelit, dan memastikan bahwa satelit berfungsi sebagaimana mestinya. Segmen ini memiliki beberapa fungsi, yaitu menjaga agar semua satelit berada pada posisi orbit, memantau kesehatan dari semua sub sistem satelit, memantau panel matahari satelit, daya baterai, dan menentukan atau menjaga waktu sistem GPS.

Segmen Pengguna

Segmen ini terdiri dari para pengguna satelit GPS, baik di darat, laut maupun di angkasa. Untuk merima dan memproses sinyal-sinyal dari satelit GPS diperlukan adanya penerima sinyal dengan tujuan menentukan posisi, kecepatan maupun waktu.

GPS-3.jpg

Komponen Receiver GPS

Beberapa komponen utama pada sinyal penerima GPS adalah:

  1. Antena
  2. Radio Frequency (RF)
  3. Osilator Presesi
  4. Catu Daya
  5. Unit perintah dan tampilan
  6. Memori serta perekam data
  7. Mikro untuk pengontrol receiver

GPS-4.jpg