glow plug.jpg

Glow Plug

Kamis, 31 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Seperti yang kita ketahui, mobil bermesin diesel tidak menggunakan busi untuk meledakan campuran bahan bakar dan udara pada combustion chamber. Sebagai pengganti busi mobil diesel menggunakan glow plug. Busi khusus pada mesin diesel ini bekerja dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas tersebut digunakan untuk memanaskan suhu udara di dalam ruang bakar. Energi panas yang dihasilkan dari glow plug didapat dari arus lisrik accu yang diteruskan menuju glow plug.

[Baca Juga: NOZZLE]

Mesin diesel sendiri membutuhkan kompresi tekanan piston yang tinggi. Kompresi tekanan yang sangat tinggi tersebut bertujuan untuk meledakkan campuran bahan bakar. Dengan demikian glow plug sendiri sejatinya mempunyai peran vital pada mesin diesel. Peran vital tersebut bertujuan untuk menghidupkan mesin diesel yang dingin.

glow plug.jpg

Glow plug sendiri dipasang di dalam ruang bakar. Busi pada mesin diesel ini terdapat pada konstruksi indirect dan direct injection. Pada bagian indirect injection, glow plug diletakkan di dalam pre-chamber. Sedangkan pada direct injection, glow plug terletak pada combustion chamber secara langsung.

Melalui arus yang diberikan oleh aki, glow plug akan menghasilkan panas di dalam silinder. Sehingga, akan lebih memudahkan mesin bekerja pada suhu kerja idealnya.

Referensi:

Wilycar.com

Manunggaljayabadi.co.id