Toyota Supra.jpg

GIIAS 2019, Panggung Para Legenda ‘Reinkarnasi’

Jumat, 26 Juli 2019 9:00 | Galih Pratama

Sejumlah produsen mobil seakan saling berlomba mengeluarkan produk ternyarnya di ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City. Ada mobil konsep, sport, hingga listrik dipamerkan dalam pameran otomotif terbesar di Tanah Air ini.

Namun, dari sejumlah tampilan mobil tersebut, ada yang cukup istimewa dalam GIIAS 2019 kali ini. Pasalnya, beberapa mobil legendaris di dunia otomotif kembali hadir menyapa dengan wujud-wujud terbarunya.

Mereka adalah BMW Seri 3, Suzuki Jimny, dan Toyota Supra. Bagi pencinta otomotif, tentunya sudah tak asing lagi mendengar tiga mobil ini. Mobil legenda ini masing-masing punya cerita yang masih melekat di hati para pencinta otomotif, baik di Tanah Air maupun dunia.

Toyota GR Supra

Toyota Supra.jpg

Toyota GR Supra contohnya. Mobil balap Toyota yang sudah melegenda ini merupakan wujud apreasiasi Toyota kepada pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan berkarakter balap sekaligus membangkitkan nostalgia terhadap Toyota Supra.

[Baca Juga: Tahun Depan, Toyota Gencar Luncurkan Mobil Listrik]

Hanya ada satu varian Supra yang dimasukkan ke pasar otomotif Indonesia, yakni tipe tertinggi dengan mesin 6 silinder segaris berkepasitas 3.0 liter yang dilengkapi turbo. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum 340 PS dan torsi puncak 500 Nm di rentang putaran mesin 1.600-4.500 rpm. Dengan tenaga tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km perja hanya dalam waktu 4,3 detik saja.

Kehadiran Toyota Supra di GIIAS 2019 memberikan kesegaran dan gairah di booth Toyota. Pengunjung GIIAS 2019 yang datang pun terlihat sangat antusias untuk melihat lebih dekat mobil balap ini.

Bagi yang tertarik memboyong mobil ini, PT Toyota Astra Motor memang belum merilis harga resminya. Namun, diperkirakan harganya mencapai Rp2 miliaran.

BMW Seri 3

BMW Seri 3.jpg

Selanjutnya ada BMW Seri 3. Mobil ini kita kenal sebagai ‘mobil Mas Boy’ karena tokoh utama dalam film Catatan Si Boy (1988) menggunakan mobil ini. Kala itu, Mas Boy menggunakan BMW 328i dari generasi kedua BMW Seri 3.

Tahun ini, BMW Group Indonesia meluncurkan kembali BMW Seri 3 yang merupakan generasi ketujuh, yakni BMW 330i M Sport. Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2,0 liter turbocharger. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 256 tenaga kuda (tk) dan torsi 400 Nm.

Sejumlah fitur canggih juga telah disematkan pada BMW Seri terbaru ini. Di antaranya Lane Departure Warning, Pedesterian Warning dengan City Braking, Park Distance Control, dan Park Assist untuk kemudahan parkir bagi si pengemudi.

Sementara harganya sendiri dibanderol Rp979 juta off the road. Kehadiran BMW Seri 3 terbaru ini diharapkan mampu memenuhi keinginan para penggemar BMW.

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny.jpg

Satu lagi, mobil legenda yang hadir di GIIAS 2019 adalah Suzuki Jimny generasi keempat. Sejak dimasukkan ke pasar Tanah Air pada 1979 dengan model LJ80, mobil ini langsung merebut hati para pencinta otomotif di Tanah Air.

Beberapa penerus model LJ80 pun sempat dirilis Suzuki. SJ410 dan Suzuki Katana contohnya, dua tipe Jimny ini hadir pada dekade 1980-90 dan meledek di pasaran. Sayangnya, beberapa tahun kemudian pihak Suzuki menghentikan produksi mobil Jimny.

Setelah sempat dipamerkan pada GIIAS 2018, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali meluncurkan Suzuki Jumny terbaru tahun ini. Suzuki Jimny terbaru dibekali mesin K15B yang ringan yang mampu menyemburkan tenaga 102/600 rpm dan torsi 130/4000 rpm.

Dengan dapur pacu tersebut, mobil ini mampu berakselerasi dengan lincah dan menawarkan kemampuan offroad mutakhir untuk menghadapi, serta mengeksplorasi tantangan dengan mode berkendara 2H, 4H dan 4L.

[Baca Juga: Lahir Sejak 1979, Begini Penampakan Suzuki Jimny Dari Masa ke Masa]

Tampilan mobil ini juga lebih segar dan dilengkapi berbagai fitur teknologi terbaru. Contohnya ada fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control bisa digunakan untuk menjaga kendaraan agar tidak meluncur. Di samping itu, terdapat juga 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang secara otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras.

Di GIIAS 2019, pelanggan bisa memilih Jimny dengan varian warna yang beragam dengan harga mulai dari Rp315,5 juta untuk varian single tone MT.