GIIAS 2019.jpg

GIIAS 2019 Bukan Ajang Jualan Mobil

Selasa, 26 Februari 2019 18:00 | Galih Pratama

Ajang pameran otomotif terbesar di Tanah Air yang digagas Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yakni Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali digelar di ICE BSD City, Tangerang pada 18-29 Juli 2019.

Pameran ini jadi ajang berbagi informasi dan mentransfer perkembangan teknologi otomotif nasional maupun global kepada masyrakat Indonesia. Namun, GIIAS nyatanya masih menjadi ajang jualan pabrikan otomotif di Tanah Air.

Kondisi ini pun diakui Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. Menurutnya, jika dibanding pameran otomotif di negera lain, hanya di Indonesia saja yang terdapat transaksi penjualan kendaraan.

“Kalau dilihat pameran di luar negeri, tak ada penjualan di sana. Cuma di Indonesia aja yang ada,” kata Nangoi saat konferensi pers GIASS 2019 The Series di Beer Hall, Kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

[Baca Juga: Format Baru, GIIAS 2019 Dimulai dari Surabaya]

Untuk penjualan, lanjutnya, Gaikindo memang tak melarang produsen memanfaatkan momen GIIAS 2019 untuk mendapatkan keuntungan. Namun, pihaknya mengaku tak mengejar target penjualan.

“Kalau ada peserta yang melakukan penjualan, saya rasa itu hal yang lumrah. Biasanya ketika terjadi pemeran GIIAS penjualan melonjak. Tapi ini bukan target kami,” ungkap Nangoi.

Menurutnya, GIIAS bukanlah ajang untuk jual beli, melainkan wadah untuk melihat perkembangan teknologi otomotif nasional dan global.

“GIIAS bukan festival, tapi pameran teknologi otomotif yang diharapkan bisa ditransfer inovasi tersebut ke masyarakat Indonesia,” tutur Nangoi.

Sementara GIIAS 2019 di ICE BSD City rencananya akan diikuti 25 merek kendaraan. Mulai dari kendaraan penumpang, komersial, hingga sepeda motor siap mejeng dalam pameran otomotif terbesar di Tanah Air ini.

[Baca Juga: Ini Deretan Merek Kendaraan yang Akan Mejeng di GIIAS 2019]

Selain di Jakarta, GIIAS 2019 juga akan berlangsung di tiga kota besar lainnya. Misalnya di Kota Surabaya di Grand City Mall pada 29 Maret - 7 April 2019.

Lalu, lanjut ke Makassar yang dipusatkan di Celebes Convention Center pada 4 - 8 September 2019, dan Medan menjadi kota penutup di Santika Convention Center pada 23 - 27 Oktober 2019.