Mitsubishi Lancer.jpg

Gendong Renault, Mitsubishi Lancer Evolution Siap Mengaspal Lagi

Senin, 1 Juli 2019 11:00 | Galih Pratama

Pada Agustus 2016 silam, Mitsubishi mengumumkan menyuntik mati mobil sportcar andalannya, yakni Lancer Evolution. Keputusan tersebut memang cukup mengejutkan, terutama bagi pencinta mobil dengan kecepatan tinggi. Tak bertahan lama, baru-baru ini dikabarkan Mitsubishi kembali akan meluncurkan sportcar legendaris ini.

Mereka tengah mengembangkan Lancer Evolution generasi terbaru atau generasi ke-11. Hal ini diungkapkan langsung oleh Osamu Masuko, petinggi Mitsubishi. Seperti dilansir inews.com, Senin (1/7/2019), dia menyatakan pihaknya harus kembali menjadi produsen mobil berperforma tinggi.

Mitsubishi Lancer Evolution rencananya akan dibangun di atas platform baru CMF/C/D F4 hasil kolaborasi aliansi Renault-Mitsubishi-Nissan. Dengan kolaborasi tersebut, santer dikabarkan mobil terbaru tersebut akan menggendong mesin Renault Megane RS berkonfigurasi 4-silinder 2.000 cc turbocharger berkapasitas 2,0 liter.

Untuk sistem transmisinya, mesin ini akan menggunakan girboks dual-clutch 4WD (4 wheel drive) otomatik yang mampu menyemburkan tenaga 297 tenaga kuda (tk) dan torsi 420 Nm.

[Baca Juga: Torsi]

Selain itu, Lancer Evolution terbaru juga akan hadir dengan versi hybrid 48 volt. Tenaga hybrid itu diharapkan memiliki output yang tak jauh berbeda dari milik Subaru WRX STI S209.

Hingga saat ini, memang pihak Mitsubishi Motors Corporation masih enggan memberikan pernyataan resmi terkait rencana pengembangan mereka terhadap Lancer Evolution generasi terbaru tersebut.

Diketahui, Mitsubishi Lancer adalah salah satu model mobil unggulan yang dimiliki Mitsubishi Motors sejak 1970-an. Dilansir dari mitsubishi-motors.co.id, mobil ini telah terjual di seluruh penjuru dunia lebih dari 7 juta unit.

Mitsubishi Lancer diciptakan dengan berbagai versi. Lancer Evolution contohnya, mobil ini dikenal dengan tampilan yang lebih sporty. Mobil ini lahir untuk pertama kalinya pada Oktober 1992 bertepatan dengan keikutsertaannya dalam ajang reli dunia.

[Baca Juga: Dibanderol Rp1,459 Miliar, Ini Tampilan Sporty All New BMW Z4]

Selain Mitsubishi, sejumlah produsen mobil lainnya juga dikabarkan kembali me-reinkarnasi mobil sport yang telah lama tenggelam. Salah satunya adalah Toyota yang dipastikan meluncurkan kembali Toyota Supra generasi teranyar.