Otolibrary-gardan.jpg

GARDAN

Senin, 28 Januari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Pengertian Gardan

Diambil dari Bahasa inggris, ‘differential,’ nama gardan di dunia otomotif berarti pembeda. Pembeda yang dimaksud di sini adalah membedakan gerakan putar atara poros ban kiri dan kanan pada kendaraan saat belok. Gardan merupakan komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda yang sebelumnya melewati transmisi dan propeller shaft. Putaran roda sendiri berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yang kemudian menggerakkan piston untuk bergerak naik turun, kemudian gerakan piston tersebut diteruskan untuk memutar poros engkol.

Komponen Gardan

Komponen-komponen utama pada gardan adalah:

- Differential Gear terdiri atas pinion gear, side gear, dan differential carrier

- Final Gear terdiri atas ring gear dan drive pinion

Komponen-Garda.jpg

Fungsi Gardan

  • Sebagai Pembeda Putaran Poros Roda Kiri dan Kanan

Fungsi utama dari gardan atau differensial ini adalah sebagai pembeda gerak putar antara poros atau as roda bagian kiri dan bagian kanan kendaraan. Adanya perbedaan putar inilah radius belok mobil menjadi lebih pendek, sehingga mobil tidak perlu berputar lebih jauh ketika belok full. Selain mempermudahkan mobil pada saat belok, dengan adanya perbedaan putaran antara roda kiri dan kanan mobil membuat salah satu ban tidak mengalami slip yang hanya akan membuatnya cepat aus dan rusak.

  • Sebagai Penerus Tenaga Putar Mesin Menuju Poros Penggerak

Gardan selain memiliki fungsi sebagai pembeda gerak antara poros roda bagian kiri dan kanan. Juga memiliki fungsi lainnya yakni sebagai penerus tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin menuju poros roda penggerak, dalam hal ini adalah ban kendaraan.

  • Mengubah Arah Putar Sebesar 90 Derajat

Dengan adanya gardan pada kendaraan ini, maka tenaga putar yang semula lurus dari mesin transmisi ke kopling akan diubah menjadi sebesar 90 derajat sehingga dapat memutar poros roda penggerak. Coba bayangkan tanpa adanya gardan ini, mungkin mobil jalannya tidak lagi ke depan atau ke belakang melainkan menyamping.

  • Meningkatkan Tenaga Putar

Dengan adanya gardan ini maka tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin bisa ditingkatkan lebih besar lagi dan selanjutnya tenaga ini akan disalurkan ke poros poros roda penggerak. Hal tersebut bisa terlihat dimana gigi pinion gear yang ukurannya kecil ini memutar ring gear yang ukurannya lebih besar.

Otolibrary-gardan-inggil.jpg

Referensi:

Gridoto.com

Showrommobil.com

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]